Unika Soegijapranata Semarang Bersiap Gelar Uji Coba PTM Terbatas
Rabu, 22 September 2021 | 15:06 WIB

image

Seiring mulai selesainya pembangunan kampus baru di kawasan Bukit Semarang Baru (BSB) Mijen, Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang dalam waktu dekat, akan segera ‘boyongan’ untuk menempati lokasi tersebut.

"Direncanakan pada bulan Oktober 2021 mendatang, kita akan mulai proses pindahan, namun tidak sekaligus, pelan-pelan. Nanti untuk Kedokteran dan Teknologi Pertanian, terlebih dahulu. Sekaligus untuk uji coba perkuliahan tatap muka (PTM), khususnya untuk kelas praktikum, terutama untuk Fakultas Kedokteran," papar Rektor Unika, Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi, saat berdiskusi dengan awak media secara virtual, terkait persiapan pelaksanaan wisuda periode III 2021 kampus tersebut, Rabu (15/9/2021).

Kampus baru Unika berkonsep green campus di BSB tersebut juga akan melanjutkan pembangunan pada Januari 2022, sehingga diharapkan juga sudah siap digunakan dalam pelaksanaan PTM pada semester genap TA 2021/2022.

"Ya nanti uji coba dulu (PTM), terutama untuk yang kelas praktikum. Nantinya kalau untuk keseluruhan, baru direncanakan untuk semester depan," tambahnya.

Ferdi menambahkan, untuk pengembangan selanjutnya di kampus BSB tersebut, juga akan dipersiapkan pembangunan RS Sandjojo yang merupakan tempat praktik mahasiswa Fakultas Kedokteran Unika.

"Namun demikian,  beberapa laboratorium untuk Fakultas Kedokteran masih berada di kampus lama di Bendan Dhuwur sini. Oleh karena itu, kita juga menyediakan shuttle bus untuk mobilisasi mahasiswa kedokteran dari kampus baru ke kampus lama dan sebaliknya," tandasnya.

Sementara, terkait pelaksanaan wisuda periode III tahun 2021 Unika Soegijapranata,B Lenny Setyowati SS M Ikom selaku Ketua Panitia Wisuda, memaparkan dalam wisuda yang akan digelar pada Sabtu (18/9/2021), akan digelar secara hybrid dengan menggabungkan antara luring terbatas dan daring, yang disiarkan melalui ruang virtual Unika dan channel youtube secara live streaming.

“Jumlah wisudawan adalah sekitar 493, namun dari jumlah tersebut yang akan diwisuda pada besok Sabtu adalah sebanyak 491 wisudawan baik yang jenjang pendidikan Diploma, Strata Satu (S1) maupun Strata Dua (S2). Sedangkan dua wisudawan dari Program Profesi akan diwisuda secara terpisah,” paparnya.

Seperti halnya dalam pelakisanaan wisuda sebelumnya,  dalam wisuda kali ini, juga akan menerapkan teknologi digital seperti Face Tracking Animation, Augmented Reality , dan Virtual Reality.

"Namun ada yang sedikit berbeda, yakni adanya dialog interaktif antara perwakilan wisudawan dengan Rektor Unika Soegijapranata," terangnya.

Turut hadir, dalam temu media secara virtual tersebut, dua calon wisudawan yakni Dewi Praswida dari Program Magister Lingkungan dan Perkotaan (PMLP), serta Bernardine Agatha Adi Konstantia dari Prodi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata.

https://wawasan.co/news/detail/18076/unika-soegijapranata-semarang-bersiap-gelar-uji-coba-ptm-terbatas

Kategori: