Unika Selenggarakan SOTY 2021 Secara Online
Senin, 6 September 2021 | 11:42 WIB

Peserta SOTY 2021 tingkat universitas

Student Of The Year (SOTY) adalah agenda rutin yang selalu diselenggarakan oleh Unika Soegijapranata sebagai perguruan tinggi swasta Katolik yang memiliki konsekuansi dari Konstitusi Apostolik tentang Universitas Katolik, diktum 23, yang menyebutkan bahwa pada hakekatnya tujuan pendidikan tinggi Katolik adalah membentuk  mahasiswa agar tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang utuh, baik dari aspek profesional kelimuan maupun kepribadiannya.

Dan dalam rangka mengevaluasi proses pendidikan yang telah dilakukan kepada para mahasiswa, secara utuh baik dari aspek akademis maupun non akademik, maka Unika Soegijapranata telah menyelenggarakan pemilihan SOTY 2021 yang mekanisme seleksinya dimulai dari tingkat fakultas hingga tingkat universitas secara online.

Setelah menjalani proses seleksi di tingkat fakultas maka terpilihlah di tingkat universitas dengan nominasi terbaik sebagai 1st Winner of SOTY 2021 adalah Evelyna Nissi Adjikusuma. Kemudian untuk 2nd Winner of SOTY 2021 terpilih Olivia Leony, sedang 3rd Winner of SOTY 2021 diraih oleh Adrian Herlambang.

Dalam penjelasannya ketika ditemui pada Senin (6/7) Evelyna Nissi Adjikusuma yang terpilih sebagai 1st Winner of SOTY 2021, menyatakan bahwa salah satu mimpinya sehingga memilih studi di Unika Soegijapranata adalah menjadi Student Of The Year (SOTY).

“Sewaktu masih SMA saya mengikuti berita tentang kegiatan kampus Unika Soegijapranata,  salah satu beritanya adalah tentang mahasiswa Student Of The Year (SOTY) yang bisa mengikuti student exchange. Saya tertarik sekali dan berita itu memotivasi saya untuk studi di Unika, karena di Unika saya akan bisa mengikuti kegiatan-kegiatan kampus, juga kegiatan internasional bahkan menjadi  Student Of The Year,” ungkapnya.

Karena secara pribadi, saya memiliki prinsip bahwa dimanapun kita berada diharapkan bisa membawa dampak positif. Dan saya melihat selain kegiatan ormawa dan sebagainya yang ada di Unika, salah satu cara untuk bisa memberikan warna lain yaitu melalui SOTY, sambungnya.

Maka untuk mempersiapkan itu, saat studi di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unika, saya mengikuti beberapa kegiatan ormawa, UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), maupun kegiatan tingkat universitas agar bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan, serta banyak hal lain, hingga pada saat mengikuti seleksi SOTY saya sudah siap.

“Saat mengikuti seleksi saya diharuskan membuat program, paper dan presentasi. Bersyukur pada seleksi tingkat fakultas saya terpilih dan lanjut ke seleksi tingkat universitas. Pada saat memasuki seleksi tingkat universitas saya juga banyak berlatih dengan para dosen dalam hal presentasi hingga harus merevisi program dan karya tulisnya, yang akhirnya bisa membawa saya masuk ke Top 10 Nominasi SOTY 2021, dan terpilih sebagai 1st Winner of SOTY 2021”, kenang gadis yang sering dipanggil Evin oleh teman sebayanya.

Sedangkan Ketua panitia Student Of The Year (SOTY) 2021 Unika Soegijapranata, Eugenius Tintus Reinaldi SPsi MPsi Psikolog, juga menjelaskan tentang tema SOTY 2021 dan  proses seleksinya.

“Tema SOTY 2021 adalah sama dengan tema karya universitas tahun lalu yaitu  Transformation Enthusiasm, atau antisiasme bertransformasi,” paparnya.

Kegiatan SOTY 2021 ini diikuti oleh 10 fakultas yang ada di Unika Soegijapranata, termasuk dua fakultas baru di Unika yaitu Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan (FITL) dan Fakultas Kedokteran (FK).

“Proses pendaftarannya dilakukan mulai bulan April 2021, dan penyerahan paper pada bulan Juli 2021. Setelah itu ada pembekalan bagi peserta yang meliputi english capability skill, capacity building, dan wawasan kebangsaan,” ujarnya.

Selanjutnya juga ada uji pra publik, yaitu untuk menyeleksi dari jumlah peserta 19 orang menjadi 10 peserta yang masuk nominasi final SOTY 2021.

Harapannya dengan SOTY ini, mereka yang terpilih bisa menjadi ambasador universitas dan bisa menjadi panutan bagi mahasiswa yang ada di tingkat fakultasnya. Para pemenang juga akan diikutkan dalam kompetisi mahasiswa berprestasi tingkat provinsi dan nasional.

“Dalam ajang SOTY 2021 ini, melalui program yang mereka buat, merupakan cerminan transformasi apa yang mereka rasakan dan orang lain butuhkan. Disamping itu juga mengandung karakter KKPVT (Kreatif, Kritis, Peduli, Visioner dan Tangguh) yang didapat oleh setiap mahasiswa yang menempuh studi di Unika Soegijapranata, dan diharapkan dengan bekal tersebut, masing-masing mahasiswa dapat bersinar menurut caranya sendiri-sendiri,” pungkasnya. (FAS)

Kategori: ,