Persiapkan Diri ke Jenjang Magister
Jumat, 10 September 2021 | 11:59 WIB

Bernardine Agatha Adi Konstantia atau sering disapa Agatha, merupakan salah satu wisudawan dari Prodi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata  pada wisuda periode III tahun 2021.

Agatha yang merupakan putri tercinta dari pasangan Bapak Constantinus dan Ibu Susana Adi Astuti telah menyelesaikan studi sarjananya dengan judul tugas akhir “Pengaruh Variasi Jumlah Enkapsulan dan Waktu Pengadukan Terhadap Karakteristik Fisikokimia Mikroenkapsulat Oleoresin Biji Pala (Myristica fragrans) dengan Metode Foam Mat Drying”.

Dalam menjalani masa studinya, Agatha yang merupakan alumnus SMA Kolese Loyola Semarang banyak terlibat dalam kegiatan kampus, di antaranya adalah di UKM Paraga, jurnalis kampus yang tergabung dalam Kronik Humas Unika, serta masih banyak kegiatan kepanitiaan yang diikuti baik di lingkungan fakultas maupun di universitas.

Selain itu di tengah kesibukannya studi, Agatha masih sempat menjalani asisten dosen dan asisten praktikum yang membuatnya semakin mencintai dunia teknologi pangan. Bahkan dalam mengembangkan kompetensinya, Agatha sempat berkompetisi dalam Student Of The Year (SOTY) tahun 2019 dan berhasil masuk dalam delapan besar nominator di ajang SOTY tersebut.

Tentu apa yang dijalaninya bukan tanpa alasan, karena sebenarnya kecintaan akan dunia pangan sudah muncul sejak sebelum kuliah. Gayung bersambut, ternyata saat memasuki akhir studinya di SMA Kolese Loyola, Unika Soegijapranata saat itu mengikuti festival  edufair yang diselenggarakan di sekolahnya. Dan dari situ Agatha mendapatkan gambaran sekilas tentang Fakultas dan Program Studi yang ada di dalamnya.

Merasa bahwa dunia pangan yang disenanginya dipelajari di Fakultas Teknologi Pertanian, Agatha lalu mencari tahu dan menanyakan ke orang-orang yang dikenalnya, dan dia semakin mendapat gambaran ketika mendapatkan informasi dari berita Unika Soegijapranata tentang prodi teknologi pangan di dalamnya.

Saat ini gambaran yang didapatnya sudah dijalani selama sekitar 3 tahun 10 bulan, hingga akhirnya dia dinyatakan lulus dengan IPK 3,94 dan berhak menyandang gelar kesarjanaannya dengan predikat cum laude. Namun ternyata semangatnya belum pupus untuk mendalami dunia pangan, maka usai menuntaskan studi kesarjanaannya, Agatha semakin ingin memperdalam keilmuannya dengan studi magister yang akan dijalaninya usai wisuda.

Segala persiapan sudah dilakukannya, termasuk mencoba mendapatkan informasi tentang beasiswa luar negeri yang akan dilengkapinya. Agatha berharap ada dua tempat studi yang akan ditujunya yaitu di Australia dan Belgia. Semoga segala sesuatunya dilancarkan sehingga apa yang dicita-citakan dapat terwujud.

Dinamika kuliah yang dilaluinya selama studi di Unika Soegijapranata dirasa sangat berkesan bagi dirinya, karena baginya belajar di Unika Soegijapranata sangat menyenangkan. Hampir setiap orang yang dia kenal di lingkungan  kampus adalah sosok-sosok yang memberikan dukungan dan membentuk dirinya menjadi pribadi yang lebih baik.

Terlebih dengan cita-citanya yang ingin menekuni dunia penelitian dan akademik, semakin mendorongnya untuk semakin bersemangat meraih impiannya. “Suatu saat ketika studi magister saya selesai, saya berharap bisa diperkenankan membaktikan keilmuan yang saya miliki untuk bergabung bersama membangun Unika Soegijapranata kampus tercinta,” ungkap Agatha.

Maka saya mengajak teman-teman mahasiswa agar selain menjalani studi juga berani membangun mimpi, karena berangkat dari mimpi itu, akan selalu mengingatkan dan menguatkan kita akan tujuan yang akan kita raih untuk masa depan kita, pesannya. (FAS)

Kategori: ,