Perpustakaan Unika Terima Anugerah Juara II Stan Pameran Festival Literasi Virtual Kota Semarang
Rabu, 15 September 2021 | 10:33 WIB

image

Perpustakaan Unika Soegijapranata kembali menorehkan prestasinya dalam kompetisi yang diselenggarakan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang.

Unika bersaing dengan sejumlah stan perguruan tinggi pameran Festival Literasi Virtual (FLV).

Kompetisi juga diikuti perpustakaan umum kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, komunitas, UMKM, media maupun masyarakat umum.

Stan Perpustakaan Unika Soegijapranata berhasil meraih Juara II. Tim juri terdiri dari Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Wakil Wali Kota Semarang; Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu; dan Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin.

Kepala Perpustakaan Unika Soegijapranata, Rikarda Ratih Saptaastuti menyatakan, Perpustakaan Unika Soegijapranata meraih juara dua.

"Kegiatan pameran secara virtual adalah yang pertama kalinya kami ikuti selama masa  pandemi Covid-19 ini. Dan dalam kegiatan tersebut Perpustakaan Unika Soegijapranata berhasil meraih Juara II kategori stand pameran FLV," kata Rikarda melalui keterangan tertulis, Selasa (14/9/2021).

Dalam kegiatan Festival Literasi Virtual ini, panitia menyelenggarakan beberapa jenis lomba, salah satunya adalah kompetisi stan pameran yang dilaksanakan secara virtual.

Rikarda Ratih menuturkan, awalnya dari seluruh peserta FLV diseleksi dan dipilih 10 nominator terbaik.

Selanjutnya, dari 10 nominator tersebut dipilih lagi 5 terbaik.

"Kemudian dari 5 terbaik, diseleksi kembali oleh tim juri. Hasilnya Perpustakaan Unika Soegijapranata berhasil menyabet Juara II," jelasnya.

Ia menuturkan, prestasi ini berhasil diraih berkat dukungan yang diperoleh selama ini dari pimpinan universitas, dosen, mahasiswa dan seluruh civitas akademika.

"Sehingga Perpustakaan Unika Soegijapranata bisa terpacu untuk selalu berkembang dan berinovasi untuk meningkatkan mutu layanannya," lanjutnya.

Dalam pameran tersebut, perpustakaan menampilkan 15 inovasi.

Antara lain Virtual Reality (VR) Library, Augmented Reality (AR) Assistant, HOLY atau Hologram Library, dan STELA atau Simulator Teknologi Pembelajaran.

Dalam kesempatan penyerahan anugerah kompetisi stan pameran FLV, Wali Kota Hendrar Prihadi mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh perpustakaan yang telah melakukan inovasi dan pengembangan layanan alternatif di tengah pandemi Covid-19.

Serta berharap agar pelayanan perpustakaan bisa meningkatkan semangat literasi di tengah pandemi melalui berbagai inovasi yang bisa dikembangkan.

https://jateng.tribunnews.com/2021/09/14/perpustakaan-unika-terima-anugerah-juara-ii-stan-pameran-festival-literasi-virtual-kota-semarang?page=all.

Kategori: