Paham Sistem Perkuliahan di FTP lewat SOSAKA
Selasa, 7 September 2021 | 11:20 WIB

image

SOSAKA atau Sosialisasi Akademik adalah salah satu acara rutin untuk membantu mahasiswa baru FTP dalam menjalani berbagai kegiatan serta dinamika perkuliahan yang diselenggarakan oleh komisi Akademik SMF-TP. Tahun ini diketuai oleh Juan Emmanuel (TP’20) selaku komisi akademik SMF-TP 2020/2021 dan diadakan pada hari Sabtu, 4 September 2021. Acara Sosialisasi Akademik ini dibagi menjadi beberapa inti sesi seperti pemaparan materi, tanya jawab, dan quiz.

Acara ini dipandu oleh Farrel (TP’18) sebagai MC. Acara diawali dengan pembukaan dari MC, dilanjutkan dengan doa pembukaan oleh Irine (TP’19) dan sambutan dari ketua acara. Barulah Sosialisasi Akademik ini dilanjutkan dengan sesi utamanya, yaitu pemaparan materi yang dibagi menjadi 3 sesi pemaparan dan setiap sesinya diberikan kesempatan kepada mahasiswa baru angkatan 2021 untuk bertanya. Pemaparan materi ini dijelaskan oleh Stanley, Vania Jessica, dan Silvy dari TP’18.

Sesi pemaparan materi I terbagi menjadi 2 bagian, yaitu etika chat dengan dosen dan KRS Online. Sesi ini diawali terlebih dahulu dengan penjelasan mengenai etika ketika berkomunikasi dengan dosen melalui chat (daring). Pada sesi ini, panitia dari sie materi memberikan penjelasan serta contoh mengenai bagaimana cara mahasiswa baru dapat berkomunikasi dengan dosen perihal akademik dengan sikap yang baik dan benar. Panitia juga memberikan contoh tata cara chat dengan sopan, seperti mengucap salam, kata terima kasih, dan pemilihan bahasa yang tepat serta waktu yang baik untuk menghubungi dosen. Kemudian dilanjutkan dengan membahas perihal prosedur dalam melakukan KRS Online yang bertujuan agar mahasiswa baru nantinya dapat lebih memperhatikan berbagai tahapan apa saja yang harus dilakukan baik sebelum, pada saat, maupun setelah melakukan KRS Online.

Kemudian berlanjut pada sesi materi II yang menjelaskan terkait perkuliahan dan tugas ketua kelas. Pada materi perkuliahan dijelaskan dan ditekankan mengenai bagaimana sebaiknya mahasiswa bersikap disiplin selama mengikuti jalannya perkuliahan seperti dengan menghadiri perkuliahan tepat waktu sebagai bentuk sikap menghargai bapak / ibu dosen yang mengajar dan lebih bertanggung jawab dalam membawa diri sendiri selama perkuliahan. Selanjutnya, materi penjelasan mengenai sistematika dalam menjadi ketua kelas termasuk tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh ketua kelas dalam memimpin atau mewakili mahasiswa dalam kelas tertentu dan menjadi penghubung diantara mahasiswa kelas tersebut dengan bapak / ibu dosen.

Setelah pemaparan materi II selesai, dilanjutkan dengan pemberian materi ke III, yaitu mengenai prosedur revisi nilai dan semester sisipan. Pada prosedur revisi nilai dijelaskan mengenai waktu dan sistematika revisi nilai. Begitu pula dengan semester sisipan menjelaskan tentang prosedur pendaftaran, ketentuan, waktu pelaksanaan, keuntungan mengikuti, dan sistem pembayaran.

Acara ini dimeriahkan pula dengan quiz setelah pemaparan materi yang dimenangkan oleh 3 anak dari FTP 2021, yaitu Eliana Dinarningrum, Josefha, dan Gregorius Nelsen H. Setelah sesi quiz berakhir, acara kemudian ditutup dengan doa oleh Adine (TP’18) dan foto bersama. (smf-tp)

Kategori: ,