MAHASISWA FTP UNIKA MENJADI PENERIMA PROGRAM INDOFOOD RISET NUGRAHA (IRN) 2021
Selasa, 14 September 2021 | 15:32 WIB

clip_image002

Pada tanggal 13 September 2021 kabar bahagia datang dari Fakultas Teknologi Pertanian bersama 62 pemenang lainnya dari berbagai universitas, salah satu mahasiswa dari Jurusan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian UNIKA Soegijapranata angkatan 2018, yaitu Ricky Tanadi berhasil memenangkan proposal riset pada program Indofood Riset Nugraha (IRN) 2021-2022. Kemenangan tersebut diperoleh Ricky yang mengusung tema penelitian “Modifikasi dan Formulasi Jantung Pisang Dalam Jelly Drink Sebagai Sumber Prebiotik”.

IRN merupakan suatu program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk yang sudah dilakukan sejak tahun 2006. Melalui program ini PT Indofood akan memberikan dana bagi mahasiswa S1 yang akan menyelesaikan tugas akhir/skripsi. Harapannya mahasiswa yang mendapatkan kesempatan dapat menciptakan riset yang unggul terutama pada kearifan lokal di Indonesia sehingga bermanfaat bagi kualitas sumber daya manusia dan secara tidak langsung mendorong kemandirian gizi dan pangan. Tahun 2021, Program IRN memberikan tema penelitian yaitu “Inovasi Milenial tentang Pangan Fungsional Berbasis Potensi dan Kearifan Lokal untuk Era Pasca Pandemi”. Pelaksanaan IRN diawali dengan melakukan registrasi, mengirimkan CV peserta dan mentor, serta proposal penelitian sebelum tanggal 31 Juli 2021.

clip_image004Ricky mengungkapkan bahwa ia tidak menyangka dan sangat senang dapat lolos seleksi IRN dari sekian banyaknya universitas di Indonesia. Pada mulanya, Ricky mencoba untuk mendaftar di IRN untuk menantang dan mengembangkan dirinya sendiri karena ini merupakan peluang yang sangat baik khususnya penelitian untuk tugas akhir. Karena IRN merupakan peluang untuk melakukan penelitian lab dan didanai serta dimonitor dan evaluasi langsung oleh Tim Pakar Indofood Riset Nugraha, serta mendapatkan sertifikat dan hasil penelitian yang akan dipublikasikan di jurnal internal kampus dengan tingkat nasional/regional ditambah relasi baru dari teman-teman di universitas lain. Tak lupa juga Ricky menghaturkan terima kasih kepada Dr. R. Probo Y. Nugrahedi, S.TP., M.Sc. selaku dosen pembimbing yang telah memberikan saran dan masukkan selama penyusunan proposal topik ini. Akhir kata, Ricky berharap bahwa semoga hasil penelitian yang dilakukannya dapat bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan nasional (Komisi Internal SMF-TP).

clip_image006

Kategori: ,