Keakraban Online 2021 : FTP After Glow
Senin, 6 September 2021 | 11:57 WIB

clip_image002

Keakraban Online atau sering disebut dengan nama KELON adalah sebuah acara dari Fakultas Teknologi Pertanian UNIKA Soegijapranata Semarang yang kembali diadakan pada tahun 2021 ini sebagai adaptasi online dari Kemah Bakti Mahasiswa (KBM). Sesuai dengan namanya, KELON menjadi salah satu kegiatan fakultas yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan mahasiswa baru yang dipersatukan di keluarga FTP UNIKA Soegijapranata Semarang. KELON 2021 sebagai sarana pembangunan relasi mahasiswa baru mengangkat tema FTP After Glow. “Saya ingin kesenangan dan dinamika yang dirasakan dan nilai – nilai yang secara langsung maupun tidak langsung tertanamkan pada mahasiswa dapat diterima secara mendalam dan bahkan dapat terbawa hingga nanti setelah acara kelon selesai” ungkap Geraldo selaku ketua KELON 2021. Kegiatan keakraban ini dilaksanakan selama 4 hari dengan 1 hari untuk pelaksanaan technical meeting pada tanggal 23 Agustus 2021 dan 3 hari pelaksanaan acara pada Jumat, 27 Agustus 2021 hingga Minggu, 29 Agustus 2021 secara virtual melalui platform Zoom dan Google Meet.

Seluruh rangkaian kegiatan dalam acara KELON 2021 mengandung nilai yang ingin dilekatkan pada para peserta, yaitu nilai kekeluargaan dan inisiatif. Game yang mengisi sebagian besar acara pada hari pertama dan kedua sangat membangun kekeluargaan. Pemecahan masalah dalam setiap Game mendorong setiap mahasiswa baru untuk bertukar pikiran yang membangun rasa kekeluargaan dan inisiatif mahasiswa baru 2021. Di sela – sela kegiatan teman – teman peserta juga kerap kali didorong untuk menunjukan semangatnya melalui jargon.

Selain itu, diadakan juga pemilihan Komandan Tingkat (KomTing) yang nantinya akan mengkoordinasikan angkatan 2021 selama berdinamika bersama keluarga FTP. Paparan penjelasan tentang KomTing kepada mahasiswa baru 2021 disampaikan melalui video dan juga secara langsung yaitu dengan mengundang KomTing dari angkatan 2020 untuk sharing. Para calon KomTing melakukan orasi yang mengangkat tema tentang relasi di dunia perkuliahan kemudian dilanjutkan pengambilan suara oleh mahasiswa angkatan 2021. Setelah mahasiswa baru melakukan voting, calon KomTing yang mendapat suara terbanyak yaitu Arsel Riscky Padang terpilih sebagai KomTing 2021.

Pada hari ketiga KELON 2021, terdapat sesi peneguhan dimana mahasiswa baru angkatan 2021 diajak untuk meneguhkan kembali dirinya masing masing sehingga dapat lebih maksimal dalam menjalani dunia perkuliahan. Menjelang akhir acara juga terdapat pemberian Award kepada kelompok terkreatif dan teraktif yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan yang dipersembahkan oleh para panitia KELON 2021 untuk mahasiswa baru dan penyampaian kesan pesan dari mahasiswa baru 2021 terhadap kegiatan ini. Mahasiswa baru telah mendapatkan unsur penting yang membantu para mahasiswa untuk berproses menjadi yang lebih baik lagi dan membangun serta mempersiapkan dirinya untuk berdinamika dalam keluarga FTP.  (DiAl)

Kategori: ,