Jejak Langkah Penjadian TERASI 2020 – 2021
Selasa, 14 September 2021 | 15:27 WIB

TERASI atau biasa disebut Teknologi Pertanian Menginspirasi merupakan majalah elektronik dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) yang berada langsung dibawah pengawasan Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (SMF-TP) dan diterbitkan setiap tanggal 15 pada bulan – bulan tertentu. Tujuan dari TERASI E-Magazine adalah mengenalkan konten – konten baik yang berasal dari FTP maupun luar FTP dan Unika terutama kepada mahasiswa baru, serta menjadi sarana pelatihan kepenulisan di FTP.

Pada periode ini, TERASI diketuai oleh A. Marry Handewi (TP’20) dari Komisi Internal SMF-TP 2020/2021. Dimana didalamnya terdapat tiga divisi di TERASI, yaitu reporter dengan 6 anggota, editor dengan 3 anggota, dan terakhir layouter dengan 3 anggota. Konten – konten yang dibawakan pada periode ini terbagi menjadi tiga bagian besar, yaitu event dan kejadian yang baru terjadi ataupun diselenggarakan, ilmu pangan, dan konten yang menghibur.

Event yang baru terjadi ini dapat berasal dari SMF-TP, BEMF-TP, dan UKMF-TP maupun dari luar FTP dan Unika. Oleh karena itu, TERASI menjadi salah satu bentuk dokumentasi atau bukti dari rangkaian event tingkat fakultas yang telah diselenggarakan dengan baik dan lancar. Sementara itu, untuk menambah pengetahuan seputar ilmu pangan TERASI bekerja sama dengan dosen dari FTP untuk membuat artikel yang berkaitan dengan tema dan biasa disebut rubrik Ruang Dosen, dan juga terdapat dua rubrik lainnya yang ditulis oleh reporter sendiri, yaitu rubrik Artikel Ilmiah dan Agri Corner. Terakhir, konten yang menghibur di TERASI sebenarnya cukup banyak tetapi kebanyakan bukan termasuk rubrik yang pasti ada di setiap bulannya, hanya terdapat 2 konten menghibur yang jarang absen dari TERASI, yaitu Dari Aku Untuk Kamu (DAKU) berisi salam, pesan, semangat antar mahasiswa FTP yang dikirim secara anonim dan Quiz berbentuk story Instagram apabila dapat memenangkan Quiz tersebut username dan foto pemenang  akan dicantumkan pada TERASI edisi selanjutnya.

image

Langkah awal TERASI dimulai dari open recruitment yang dimulai dari tanggal 30 Oktober – 15 November 2020, dilanjutkan dengan wawancara pada tanggal 17 – 18 November 2020, dan pengumuman anggota TERASI pada tanggal 21 November 2020. Setelah mendapatkan anggota, TERASI melaksanakan rapat perdana pada tanggal 24 November 2020 untuk perkenalan antar anggota dan membahas tema serta pembagian tugas edisi 12 (Desember 2020).

Dari satu tahun periode ini, TERASI berhasil menerbitkan tujuh edisi, tetapi pastinya juga mengalami pasang surut yang mana pembacanya naik turun dari satu edisi ke edisi yang lain. Setiap edisi TERASI mempunyai tema khusus yang berhubungan dengan hari besar nasional dan internasional ataupun event yang dirayakan di FTP.

image

Menjelang akhir periode dari TERASI, Tobias Adriel (TP’18) selaku PJ dari TERASI 2020/2021 memberi sedikit kesan pesan dan harapan untuk TERASI “Bersyukur banget dikasih kesempatan buat jadi PJ di TERASI karena disini dapat belajar banyak tentang dunia jurnalistik, terus bisa kenal anggota TERASI yang hebat-hebat dan gercep. Keren pokoknya TERASI tahun ini semakin bagus dan kontennya semakin beragam. Semoga kedepannya TERASI dapat terus berkembang dan membawa manfaat bagi mahasiswa FTP”. Seluruh edisi TERASI 2020/2021 dapat dibaca melalui linktree ini (https://linktr.ee/terasii). (amhp)

Kategori: ,