Influencer David Arrie Cantona Sukses Pasarkan Hasil Panen Para Petani
Senin, 20 September 2021 | 8:37 WIB

Sejak kepulangannya ke Indonesia dari Singapura, influencer asal Semarang David Ariwibowo, ingin berperan aktif mensejahterakan masyarakat, khususnya petani. Pria yang akrab disapa David Arrie Cantona, ini bekerjasama dengan sejumlah investor tanah di berbagai kota, salah satunya di Gunung Pati, Semarang, untuk ditanami berbagai macam buah hingga sayur.

Ia kemudian mengajak para petani setempat untuk membantunya mengelola pertanian tersebut. David pun bekerjasama dengan sejumlah petani dan membantu memasarkan hasil bumi mereka. Hal ini tentunya sangat membantu para petani setempat yang kesulitan mendistribusikan hasil panennya.

Tak hanya pertanian, David Arrie Cantona juga mengelola perikanan diantaranya ikan lele dan ikan nila. Kini usahanya itu semakin berkembang. Belum lama ini, perusahaan David, yakni Cantona Farming hadir pada acara grand opening Ole Organic Mart pada 6 September lalu, di depan kampus UNIKA Semarang.

Ole Organic Mart didirikan oleh dua dosen kampus UNIKA Semarang, yakni Dr. Chatarina Yekti P., SE.,MSi dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis dan Yimmy Iskandar, ST.,MBA dosen Fakultas Bahasa & Seni.

Cantona -30-05 Cantona Farming, milik influencer asal Semarang David Ariwibowo atau yang akrab disapa David Arrie Cantona, hadir pada acara grand opening Ole Organic Mart. Cantona Farming merupakan wadah bagi para petani menjual hasil panennya.

"Cantona Farming diundang untuk membagikan hasil bumi di acara grand opening tersebut untuk dijual lagi. Nah, di sana itu aktivitasnya banyak banget, David dan tim membawa berbagai hasil bumi durian, jambu kristal, seledri, wortel, lobak, petai, sawo durian dan masih banyak lagi. Hasil perikanan juga, meliputi nila, gurame, lele dan ada ikan hias," kata David Arrie Cantona, saat dihubungi Sabtu (11/09/21).

Acara pembukaan Ole Organic Mart cukup ramai dan dihadiri oleh sejumlah relasi dari kedua dosen pendiri tersebut. Hasil bumi maupun perikanan yang dibawa David habis terjual karena peminat yang cukup banyak bahkan ada yang memintanya mengirim 10 kg jambu kristal ke luar kota secara langsung.

Dari situ pula, David mendapat banyak insight dan mitra baru untuk sayuran organik. Selain memperluas jaringan, ia mendapatkan banyak ilmu baru serta masukan mengenai pengemasan dan lainnya.

Cantona Farming tak hanya datang untuk memamerkan hasil panen saja. Nantinya ia terus bekerja sama memasok hasil bumi dari buah-buahan hingga sayur serta hasil perikanan untuk dipasok ke Ole Organic Mart.

"Pihak Ole Organic Mart sendiri harapannya itu bisa bekerjasama dengan Cantona Farming. Jadi kalau misal ada yang dipanen itu dimasukkan ke situ," tuturnya.

Hasil perkebunan yang dikelola David Arrie Cantona pun kini semakin beragam. Jika awal mula merintis ia baru mengelola cabai, kentang, pisang dan tomat, kini bertambah lagi durian, jambu kristal, seledri, wortel, lobak, petai, sawo durian dan brokoli.

Bisnis Cantona Farming terus berkembang sejalan dengan bertambahnya mitra baik investor maupun pertani. Belum lama ini, ia mendapat tawaran kerjasama dengan petani bawang merah dan bawang putih serta wortel.

Nantinya, hasil bumi dari kerjasama tersebut akan didistribusikannya ke sejumlah toko dan supermarket yang ada di Kota Semarang maupun luar kota.

Sejak bertambahnya permintaan supply dan pesanan, para petani yang bekerjasama dengan David semakin semangat bekerja. David Arrie Cantona berharap, Cantona Farming bisa terus berkembang. Ia juga berharap bisa terus membantu para petani dalam perekonomian dan semakin semangat mengelola hasil bumi mereka.

https://www.tribunnews.com/seleb/2021/09/16/influencer-david-arrie-cantona-sukses-pasarkan-hasil-panen-para-petani?page=all.

Kategori: