IACO Unika Selenggarakan Forum Let’s Talk 215
Senin, 6 September 2021 | 13:28 WIB

Pelaksanaan Let’s Talk 2015 secara daring

International Affairs & Cooperation Office (IACO) Unika Soegijapranata telah menyelenggarakan kegiatan Let’s Talk 215 yang diselenggarakan untuk kelima kalinya pada tahun 2021.

Dalam kegiatan tersebut kita memperkenalkan AIESEC (Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales) yang merupakan salah satu partner kita, sejak ditandatanganinya MoU dengan Unika Soegijapranata sejak tahun 2019, papar Dr Henny Hartono SS MPd selaku Kepala IACO Unika Soegijapranata pada Senin (6/9) di ruang kerjanya.

“Melalui sesi ini, para mahasiswa baru dibuka wawasannya tentang kegiatan-kegiatan internasional yang bisa mereka ikuti, diantaranya bisa lewat AIESEC ini,” jelasnya.

Pada saat kegiatan, banyak peserta yang mengikuti dan cukup antusias. Kurang lebih sekitar 144 peserta yang hadir dan terlibat dalam kegiatan Let’s Talk 2015 ini secara online.

Dari jumlah tersebut, ada sekitar 85% dari keseluruhan peserta adalah para mahasiswa baru. Hal tersebut kemungkinan karena besarnya keinginan dari mahasiswa baru untuk mendapatkan pengalaman internasional, lanjutnya.

“Saya berharap dengan keterlibatan para mahasiswa dalam kegiatan ini, mereka akan mendapatkan tambahan pengetahuan tidak hanya ilmu saja, knowledge transfer atau  knowledge exchange saja, melainkan  mereka juga bisa merasakan suasana yang berbeda meskipun harus diakui jika secara online tidak bisa semaksimal yang dilakukan on the site,” tutur Dr Heny Hartono.

Dengan mengikuti kegiatan internasional, kadang juga memotivasi para mahasiswa untuk bisa berkunjung langsung ke tempat universitas yang mereka ikuti dalam kegiatan online.

“Salah satu yang menarik tentang kegiatan tersebut adalah meskipun baru satu minggu berkenalan, namun mereka sudah cukup banyak menjalin pertemanan secara online dengan para mahasiswa dari Filipina,” kata Dr Heny.

Dengan demikian menunjukkan keinginan diantara mahasiswa ada motivasi dan keinginan yang kuat untuk bisa saling kenal, bahkan jika dimungkinkan saling mengunjungi.

Tentu saja kita berharap melalui kegiatan yang kita laksanakan ini, bisa cukup membekali generasi muda untuk siap menjadi pemimpin yang mengglobal, karena sifat dan mindset itu harus dibangun sejak dari awal, tandasnya. (FAS)

Kategori: ,