IACO Unika dan University of Saint La Salle, Philippines Adakan Cultural Session
Jumat, 3 September 2021 | 12:28 WIB

Kegiatan cultural exchange session yang diadakan oleh University of Saint La Salle, Philippines

Dalam dua minggu terakhir di bulan Agustus 2021, International Affairs & Cooperation Office (IACO) Unika Soegijapranata telah menyelenggarakan beberapa kegiatan yang bersifat mendorong dan memfasilitasi mahasiswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh IACO Unika, salah satunya adalah kegiatan Cultural Session.

Program Cultural Session ini diselenggarakan oleh University of Saint La Salle, Bacolod ,Philippines dan diikuti oleh mahasiswa Unika Soegijapranata yang terlibat dalam program student exchange di University of Saint La Salle, Philippines.

“Jadi para mahasiswa Unika yang mengikuti student exchange ini tidak hanya mengikuti perkuliahan atau kegiatan akademik saja. Tapi mereka juga mengikuti kegiatan yang bersifat cultural exchange,” ujar Dr Henny Hartono SS MPd selaku Kepala IACO Unika Soegijapranata pada Rabu (1/9) di ruang kerjanya.

Maksud diselenggarakannya acara tersebut adalah untuk memperkenalkan budaya di  Filipina sehingga meski dilakukan secara daring tetapi para mahasiswa diharapkan masih bisa merasakan suasana dan semangat exchange student-nya.

Program Cultural Session ini dilaunching pada hari Jumat lalu di Filipina, yang diawali dengan sesi perkenalan tempat-tempat tourist destination di Filipina. Melalui acara tersebut para mahasiswa Unika yang mengikuti program student exchange di University of Saint La Salle, Philippines, dikenalkan apa saja yang khas dari daerah sana.

“Kegiatan ini juga akan diselenggarakan secara berseri selama satu semester ini,” papar Dr Heny.

Jadi setiap satu bulan sekali akan ada sesi khusus tentang cultural exchange. Selain itu, para mahasiswa Unika yang mengikuti program student exchange, juga diminta untuk perform  di dalam suatu acara yang diselenggarakan oleh lembaga seperti layaknya LLDIKTI (Higher Education Council Philippines).

Dalam kesempatan tersebut, para mahasiswa menampilkan tarian tradisional dan nyanyian tradisional Indonesia yaitu tarian ‘Dugderan’ dan nyanyian ‘BoLeLeBo’ dari NTT.

Tampilan para mahasiswa Unika yang mengikuti acara program student exchange ini, tampaknya disambut dengan positif dan sangat di apresiasi oleh pihak University of Saint La Salle, Philippines, tandasnya. (FAS)

Kategori: ,