Cetak Mahasiswa Berprestasi, Unika Gelar Agenda Tahunan SOTY
Selasa, 7 September 2021 | 9:25 WIB

image

Unika Soegijapranata menyelenggarakan agenda rutin Student Of The Year atau SOTY secara daring dan ditutup, Senin 6 September 2021

Mekanisme dari SOTY ini dilakukan seleksi, mulai dari tingkat fakultas hingga tingkat universitas secara online.

Setelah menjalani proses seleksi di tingkat fakultas maka terpilihlah di tingkat universitas dengan nominasi terbaik sebagai juara 1 SOTY 2021 adalah Evelyna Nissi Adjikusuma. Kemudian untuk juara 2 SOTY 2021 terpilih Olivia Leony, sedangkan juara 3 SOTY 2021 diraih oleh Adrian Herlambang.

Evelyna Nissi Adjikusuma sebagai pemenang SOTY mengungkapkan bahwa kemenangan ini adalah impiannya sejak lama.

“Sewaktu masih SMA saya mengikuti berita tentang kegiatan kampus Unika Soegijapranata, salah satu beritanya adalah tentang mahasiswa SOTY yang bisa mengikuti student exchange. Saya tertarik sekali dan berita itu memotivasi saya untuk studi di Unika, karena di Unika saya akan bisa mengikuti kegiatan-kegiatan kampus, juga kegiatan internasional bahkan menjadi Student Of The Year,” ungkapnya.

Evelyna punya prinsip bahwa hidup harus membawa dampak positif. Maka berpartisipasi dalam SOTY adalah salah satu cara untuk membawa dampak positif itu.

Dalam proses menjadi juara, Evelyna melewati banyak tahap. Misalnya saja dengan membuat program, paper dan presentasi. Dia pun bersyukur pada seleksi tingkat fakultas saya terpilih dan lanjut ke seleksi tingkat universitas.

“Pada saat memasuki seleksi tingkat universitas saya juga banyak berlatih dengan para dosen dalam hal presentasi hingga harus merevisi program dan karya tulisnya, yang akhirnya bisa membawa saya masuk ke Top 10 Nominasi SOTY 2021, dan terpilih sebagai 1st Winner of SOTY 2021,” ujar gadis yang sering dipanggil Evin tersebut.

Sedangkan Ketua panitia SOTY 2021 Unika Soegijapranata, Eugenius Tintus Reinaldi SPsi MPsi Psikolog, menjelaskan tentang tema SOTY 2021 dan proses seleksinya.

“Tema SOTY 2021 adalah sama dengan tema karya universitas tahun lalu yaitu Transformation Enthusiasm, atau antusiasme bertransformasi,” paparnya.

Kegiatan SOTY 2021 ini diikuti oleh 10 fakultas yang ada di Unika Soegijapranata, termasuk dua fakultas baru di Unika yaitu Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan (FITL) dan Fakultas Kedokteran (FK).

“Proses pendaftarannya dilakukan mulai bulan April 2021, dan penyerahan paper pada bulan Juli 2021. Setelah itu ada pembekalan bagi peserta yang meliputi english capability skill, capacity building, dan wawasan kebangsaan,” ujarnya.

Selanjutnya juga ada uji pra publik, yaitu untuk menyeleksi dari jumlah peserta 19 orang menjadi 10 peserta yang masuk nominasi final SOTY 2021.

Eugenius berharap SOTY ini bisa jadi ambassador universitas dan menjadi panutan bagi mahasiswa yang ada di tingkat fakultas.

“Para pemenang juga akan diikutkan dalam kompetisi mahasiswa berprestasi tingkat provinsi dan nasional,” pungkasnya.

https://semarang.ayoindonesia.com/pendidikan/pr-771129086/cetak-mahasiswa-berprestasi-unika-gelar-agenda-tahunan-soty?page=all

Kategori: