Campus Hiring online PT Sumber Sarana Putra
Senin, 27 September 2021 | 13:14 WIB

Pada hari Senin pagi ini, tanggal 27 September 2021 pukul 09.00 – 11.00 WIB telah berlangsung campus hiring yang diselenggarakan oleh UPT Pusat Karir Mahasiswa atau Soegijapranata Student Career Centre yang menggandeng PT Sumber Sarana Putra untuk mengenalkan perusahaan mereka. Hal ini bersamaan dengan terbukanya rekrut pada beberapa posisi di perusahaan tersebut.

PT Sumber Sarana Putra adalah perusahaan yang bergerak di bidang besi dan baja dengan kurang lebih 14 cabang yang tersebar di pulau Sumatra, Jawa dan Bali. Dalam waktu dekat, area Jawa Tengah pun akan dibuka anak cabang sebagai bentuk pengembangan perusahaan.

Campus Hiring ini dibuka oleh kak Sheren mempersilakan Kepala UPT Pusat Karir Mahasiswa, ibu Yuliana, untuk memberikan prakata. Disampaikan oleh bu Yoel, panggilan akrabnya, ucapan terimakasih kepada bu Theresia dan kak Sheren dari dunia kerja yang menyediakan waktunya memperkenalkan sebuah perusahaan besar dan semakin berkembang kepada mahasiswa Unika Soegijapranata. Selain itu, bu Yoel berpesan agar peserta campus hiring mampu memanfaatkan kesempatan untuk menggali lebih dalam akan keberadaan perusahaan ini dan prospek untuk berkarier.

Bu Theresia menghantarkan campus hiring ini dengan terlebih dulu memutarkan film company profile dan tips dalam menyambut peluang yang ada. Terbuka kesempatan untuk tanya jawab dari peserta kepada tim manajemen perusahaan, yang disambut dengan banyak sekali pertanyaan. Salah satu penanya yang antusias adalah Joshua, mahasiswa Fakultas Teknik (Sipil) yang sudah menyelesaikan sidang akhir dan tinggal menunggu wisuda. Dari prodi Akuntansi – FEB pun turut serta sebagai peserta dan juga peserta dari Fakultas Psikologi.

Campus Hiring menjadi lebih menarik ketika ada testimoni dari alumni Fakultas Teknik (Sipil) yang bergabung di PT. Sumber Sarana Putra sebagai MT, yaitu Briant. Dia bergabung kurang lebih 3 bulan ini dan menyatakan bahwa sangat senang dengan dunia kerja di perusahaan tersebut. Dari Briant ini pula bu Yoel menggarisbawahi bahwa mahasiswa untuk tidak takut terjun ke dunia kerja yang mungkin tidak sepenuhnya linier dengan program studi yang dijalani. Banyak sekali yang dipelajari selama bekerja, yang utama adalah cara berkomunikasi dengan orang lain dan bagaimana harus menyikapi dengan type kepemimpinan yang ada serta bagaimana kita mempimpin.

Dalam kesempatan ini pula, bu Yoel menyampaikan bahwa testimoni dari alumni memberikan penegasan bahwa SSCC tidak salah dalam memberikan pelatihan soft skills siap kerja, dengan berbagai materi tentang komunikasi verbal-interpersonal, gaya kepemimpinan, gaya belajar dan juga mengajarkan tentang bagaimana membuat CL-CV yang baik serta menghadapi wawancara.

Selain pertanyaan seputar pekerjaan dan cara rekrut, mahasiswa Unika juga ingin mengetahui tentang salary yang diperoleh selain fasilitas tempat tinggal selama 2 tahun oleh perusahaan. Dijelaskan oleh bu Theresia, bahwa untuk masing-masing posisi memiliki start salary yang berbeda, yang pasti akan ada benefit lain. Disampaikan juga bahwa selama pandemi, perusahaan tidak melakukan pemotongan gaji ataupun pemutusan hubungan kerja, yang menandakan perusahaan dalam kondisi stabil – bahkan membuka cabang baru.

Sedangkan pertanyaan tentang requirement dijawab bahwa perusahaan tidak menuntut tingkat tertentu, asal pelamar adalah sarjana dengan ilmu terkait pada posisi tertentu (misalkan akunting – harus lulusan akuntansi). Bila saat ini belum lulus namun berniat melamar, maka bisa mencantumkan kondisi riil saat ini dalam tahap apa (misalkan sedang skripi). Untuk lulusan yang belum berijasah, dapat melampirkan Surat Keterangan Lulus terlebih dahulu.

Adalah Integritas yang menjadi hal utama dalam menentukan pegawai kontrak menjadi pegawai tetap, selain jujur dan mau belajar-bekerja, serta attitude yang baik. Pertanyaan akan posisi pegawai kontrak atau langsung pegawai tetap oleh penanya dijawab oleh bu Theresia dengan menyampaikan hal tersebut di atas. Kinerja akan selalu dinilai secara bertahap dan nantinya merujuk pada perpanjangan kontrak atau menjadi pegawai tetap.

Posisi lowongan kerja yang ditawarkan adalah Accounting, Internal control, Purcahsing, HR, MT dan posisi-posisi lain yang sifatnya terbuka setiap saat. Lamaran bisa dikirimkan langsung ke email: recruitment@sumbersaranaputra.com. Sedangkan jika ada pertanyaan bisa ngDM ke IG sumbersaranaputra. Dapat juga follow TIKTOK : sumbersaranaputra. (sscc-yl)

Kategori: ,