Unika Gelar PTMB 2021 dengan Teknologi Face Tracking Animation
Kamis, 19 Agustus 2021 | 17:38 WIB

image

Universitas Katholik (Unika) Soegijapranata Semarang gelar Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) secara daring di ruang virtual Unika. Yakni menggunakan teknologi Face Tracking Animation (FTA) saat Rektor Unika Prof Ridwan Sanjaya menyematkan pin dan pengenaan jas almamater Unika Soegijapranata kepada perwakilan mahasiswa baru, Rabu (18/8/2021).

Prof Ridwan mengungkapkan, pembukaan PTM kali ini diikuti 1.700 mahasiswa dari berbagai kota. Meski kegiatan secara daring, mahasiswa bisa merasakan pelayanan yang diberikan Unika. Cita-cita mahasiswa tidak terhenti karena pandemi. Teknologi informasi yang telah disiapkan bertahun-tahun, bisa membawa Unika untuk berlayar di tengah pandemi.

“Hal yang kita rasakan dalam 1,5 tahun terakhir. Pertemuan yang biasanya dilakukan secara langsung di lokasi, kini berubah menjadi daring. Ruang kelas yang biasanya dapat kita telusuri satu persatu, kini berubah menjadi penelusuran di dalam video 360 derajat,” katanya.

Menurutnya, orang yang bisa bertahan bukanlah yang paling pintar atau paling kuat, namun yang paling bisa beradaptasi. Sebagaimana pemikiran Charles Darwin. Dia berharap mahasiswa bisa beradaptasi, membangun kebiasaan belajar yang sesuai dengan pembelajaran daring. “Bukan soal kepintaran, kekuatan, atau bahkan kekayaan. Tetapi semangat dan ketekunan yang dibangun terus-menerus memungkinkan kita mengatasi berbagai rintangan,” ungkapnya.

Sementara Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unika Soegijapranata Dr V Kristina Ananingsih mengungkapkan tema PTMB 2021 ini Transformation Habits. Transformasi adalah pembaharuan terus menerus untuk menjadi lebih baik dan berperan sebagai aktor perubahan (agent of change) bagi orang lain dan lingkungan. Dalam transformasi diperlukan adanya kerjasama, sinergitas, profesionalitas, dan solidaritas. Transformation Habits adalah upaya menjadikan transformasi sebagai kebiasaan kita. “Transformation Habits akan membawa semangat kemandirian dalam belajar secara berkelanjutan. Mahasiswa baru diharapkan memiliki “SIKAP” yang merupakan, Inovasi, Kreativitas, Adaptif, dan Peduli,” jelasnya.

https://radarsemarang.jawapos.com/berita/pendidikan/2021/08/19/unika-gelar-ptmb-2021-dengan-teknologi-face-tracking-animation/

Kategori: