SAMBUT MAHASISWA BARU DENGAN MENANAMKAN NILAI TRANSFORMATION HABITS
Selasa, 24 Agustus 2021 | 7:28 WIB

clip_image002

Untuk menyambut mahasiswa baru, Unika Soegijapranata Semarang mengadakan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru atau yang sering disebut dengan PTMB. Di tahun ini, PTMB diselenggarakan selama 5 hari yang dimulai pada tanggal 16 agustus 2021 hingga 20 Agustus 2021. Pada hari keempat tepatnya pada tanggal 19 Agustus 2021, mahasiswa baru mengikuti kegiatan PTMB bersama fakultas.

Penyambutan mahasiswa baru 2021 dilaksanakan secara virtual menggunakan platform Zoom, Google Meet, dan YouTube dengan mengangkat tema “Transformation Habits”. Tema karya ini diusung oleh seluruh fakultas di Unika Soegijapranata Semarang termasuk Fakultas Teknologi Pangan. Melalui tema ini mahasiswa baru tidak hanya dapat bertransformasi karena adanya perubahan di masa pandemik ini, namun menjadikannya sebagai kebiasaan. Mahasiswa dapat menjadi pribadi yang dapat menghadapi setiap perubahan dengan menemukan solusi disetiap dinamika yang dihadapi. Kebiasaan untuk berubah dan bertransformasi harus dijalankan dengan penuh keyakinan dan disertai dengan nilai – nilai yang ingin ditekankan pada kegiatan ini. Seluruh rangkaian PTMB Unika 2021 yang dilaksanakan berusaha untuk menanamkan nilai SIKAP yaitu Semangat, Inovatif, Kreatif, Adaptif, dan Peduli kepada para peserta. Dengan mendapatkan kelima nilai dari kegiatan yang menjadi awal perjalanan, mahasiswa baru diharapkan mampu mengaplikasikan nilai – nilai tersebut pada kehidupan perkuliahan.

PTMB Fakultas dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus dimulai pukul 08.00 WIB dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru FTP angkatan 2021, dosen, dan panitia PTMB Fakultas Teknologi Pertanian. Acara ini diawali dengan pembacaan doa, menyanyikan Hymne UNIKA, perkenalan panitia dan dosen FTP yang terbagi atas beberapa rumpun. Pembekalan ini kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. R. Probo Y. Nugrahedi, S.TP., M.Sc. selaku Dekan Fakultas Teknologi Pertanian dan sambutan dari ketua acara PTMB FTP 2021 yaitu Monica Natalia Purnomo. Sesi selanjutnya yaitu penayangan Jingle dan yel – yel FTP.

clip_image004

Kegiatan PTMB FTP juga diisi dengan kegiatan yang membantu  para mahasiswa baru untuk dapat mengenal lebih dalam lagi hal – hal yang berkaitan dengan Fakultas Teknologi Pertanian seperti FTP the Explorer yang berupa video perkenalan ruangan maupun laboratorium di FTP Unika, serta video perkenalan organisasi mahasiswa FTP dan perkenalan UKM FTP. Tidak hanya itu, kegiatan ini dilengkapi dengan penjelasan setiap program studi FTP Unika oleh Dr. A. Rika Pratiwi, M.Si., pemaparan materi mengenai jurnal, laporan dan makalah oleh salah satu mahasiswa yang pernah menjadi asisten dosen yakni Tobias Adriel Yapet dari angkatan 18, dan adanya sesi Brainstorming bersama masing – masing kelompok dengan topik “Apakah kopi dapat menjadikan kita tidak mengantuk saat menyelesaikan tugas?”. Di tengah – tengah dinamika ini, kegiatan diselingi oleh beberapa ice breaking dengan 2 minigames dan Game Scientific untuk lebih mengakrabkan para peserta dengan panitia.

Tanggal 20 Agustus 2021 merupakan acara penutup untuk segala rangkaian dan dinamika yang telah berlangsung dengan penuh makna. Nilai SIKAP terutama dalam hal kreativitas disajikan dalam penayangan yel – yel setiap fakultas yang dilombakan dan akan diumumkan di hari penutupan ini.

Penghargaan juara 1 pada PTMB Award 2021 dimenangkan oleh Fakultas Teknologi Pertanian Unika dengan total poin 254,45. Pencapain terbaik FTP telah dibuktikan dengan usaha terbaik yang diberikan oleh seluruh mahasiswa baru serta panitia PTMB FTP Unika 2021. (DiAl)

Kategori: ,