Peringati Dies Natalis ke-39 FEB Unika Selenggarakan Webinar Data Science in Business, Accounting and Auditing
Kamis, 5 Agustus 2021 | 5:36 WIB

Webinar Data Science in Business, Accounting and Auditing merupakan salah satu acara dalam rangkaian kegiatan FEB Knowledge Festival yaitu festival ilmiah yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata yang ke-39. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 4 Agustus 2021 yang lalu.

Pemanfaatan teknologi informasi oleh bisnis menciptakan jumlah dan variasi data yang luar biasa. Teknologi internet semakin meningkatkan lalu lintas data digital dalam jaringan global. Data juga tidak hanya berupa format terstruktur, melainkan dalam berbagai format tidak terstruktur seperti image, grafis, dan teks. Data bervolume besar, dalam berbagai format, dan sifat data yang terus berubah (update) tersebut dikenal sebagai Big Data.

Pada saat 1,7 megabita data dihasilkan setiap detik untuk setiap orang di bumi, sangat penting untuk mengetahui cara mengarungi informasi, menyusun, menafsirkan, dan menyajikannya dengan cara yang bermakna. Untuk membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas, mengidentifikasi masalah, dan memperoleh keuntungan, diperlukan metode dan alat untuk mengubah data menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti.

Bisnis berbasis data membuat keputusan yang lebih powerfull. Analisis data penting untuk bisnis saat ini, karena pilihan berdasarkan data adalah satu-satunya cara untuk benar-benar percaya diri dalam keputusan bisnis. Data analytic digunakan dalam bisnis untuk membantu organisasi membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Baik itu riset pasar, riset produk, pemosisian, ulasan pelanggan, analisis sentimen, atau masalah lain yang terkait dengan data, menganalisis data akan memberikan wawasan yang dibutuhkan organisasi untuk membuat pilihan yang tepat. Data science dapat menambah nilai bagi bisnis apa pun yang dapat menggunakan datanya dengan baik. Business Intelligence (BI) dan subsetnya, business analytic dan data analytic, adalah semua solusi manajemen data yang digunakan untuk memahami data historis dan kontemporer serta menciptakan wawasan.

Tidak hanya dalam bidang bisnis, profesi akuntan dan auditor juga makin ditantang untuk dapat memanfaatkan big data untuk memperoleh bukti audit (evidence). Tidak hanya pada audit finansial, namun juga pada audit forensik. Tantangan melakukan data analytic meningkat ke level big data analytic. Dalam lingkungan modern yang kompleks, di mana TI dan Big Data mendominasi, bukti yang dibutuhkan auditor telah berubah sifat dan formatnya. Data tersimpan dalam bentuk digital, sehingga metode audit tradisional tidak efektif bahkan tidak mungkin lagi dilakukan. Data tidak lagi berupa dokumen fisik, melainkan tersimpan di database dalam format digital.

Banyak  organisasi bahkan sudah demikian ”paperless”. Dalam kondisi demikian, auditor memerlukan alat berupa aplikasi perangkat lunak untuk mengekstrak dan memvisualisasikan data, yang memungkinkan auditor menggali lebih banyak kumpulan data non-tradisional dan melakukan lebih banyak analisis yang rumit. Data Analytic mengubah cara audit dilakukan.

Dua narasumber luar biasa dihadirkan dalam webinar ini. Pembicara pertama adalah Esther Roseline, seorang penggiat anti korupsi dan anti fraud yang banyak memanfaat data science di dalam prosesnya. Dalam materinya beliau memaparkan bagaimana data science dapat dimanfaatkan dalam bisnis secara umum dan akuntansi khususnya dalam audit forensik. Pembicara kedua adalah Arlinda Juwitasari, product manager GOJEK. Dalam materinya ia memaparkan bagaimana seorang product manager memanfaatkan data science, data analytics dan data visualization dalam proses pengambilan keputusan dalam proses pengembangan produk.

Acara ini diikuti sekitar 350 orang peserta. Hal ini menandakan besarnya minat masyarakat terhadap ilmu data science ini. Pada kesempatan ini juga Program Studi Akuntansi FEB Unika Soegijapranata memperkenalkan program terbarunya, yaitu Digital Accounting. Program sarjana ini menggabungkan ilmu akuntansi dan data science di dalamnya. Selain itu, untuk menambah keahlian di bidang data science, CCPA Unika Soegijapranata bekerjasama dengan RMDS Narasio Data, menyelenggarakan program Certified Junior Data Scientist yang dapat diikuti oleh mahasiswa maupun masyarakat umum.

Kategori: ,