Pengenalan Industri Teh dan Perkuliahan Pada Mahasiswa Baru FTP Angkatan 2021
Rabu, 25 Agustus 2021 | 7:26 WIB

clip_image002

Hari pertama mahasiswa baru berkuliah dimulai dengan mengikuti Kuliah Perdana yang diselenggarakan melalui platform Zoom oleh Food Microorganizer. Acara ini menjadi persiapan awal mahasiswa baru untuk memulai petualangannya di Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata Semarang. Kuliah Perdana tahun 2021 berlangsung pada tanggal 23 Agustus 2021 dengan membawa tema tentang Perkembangan Industri Teh di Indonesia dan Dunia. Bapak Handoko Gunadi merupakan General Manager PT. Gunung Slamet (Produksi Teh Cap Poci dan Teh Cap Sosro) hadir sebagai pembicara untuk membahas tentang bagaimana produksi dan konsumsi teh di Indonesia. Beliau mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu produsen teh tertinggi namun angka produksi teh di Indonesia juga menurun setiap tahunnya karena rendahnya jumlah masyarakat yang mengonsumsi teh. Panitia memberikan kenang-kenangan kepada Bapak Handoko berupa lukisan sebagai bentuk rasa terimakasih. Kuliah Perdana ini juga dihadiri oleh dosen, tenaga pendidik, anggota ormawa, panitia, dan mahasiswa baru angkatan 2021.

Kuliah Perdana dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama dimulai pukul 07.30 WIB dan sesi kedua dimulai pukul 13.00 WIB. Sesi pertama digunakan untuk penjelasan lebih lanjut mengenai Super Cyber, Sintak (Sistem Informasi Terpadu UNIKA SOEGIJAPRANATA), fast track, diagram alir masing – masing program studi, mata kuliah pilihan, dan masih banyak penjelasan akademis lainnya. Sebelum mahasiswa baru angkatan 2021 hanya melihat cuplikan video perkenalan dari dosen dan tenaga pendidik dari Fakultas Teknologi Pertanian pada saat mengikuti PTMB. Namun, di Kuliah Perdana ini hampir seluruh dosen dan tenaga pendidik hadir untuk memperkenalkan diri dan berinteraksi secara langsung dengan mahasiswa baru. Di awal acara Dekan FTP Dr. R. Probo Y. Nugrahedi, S.TP., M.Sc memberikan sambutan kepada mahasiswa baru yang resmi menjadi mahasiswa FTP dan memulai kuliah hari pertama. Selanjutnya, pada sesi kedua mahasiswa baru diperkenalkan tentang PKM, organisasi mahasiswa (ormawa), dan program – program kerja dari ormawa. Sesi kedua diawali dengan penjelasan dari Hendra Liem mahasiswa angkatan 18 tentang Program Kreativitas Mahasiswa yang disingkat dengan sebutan PKM.

clip_image004

Pengenalan organisasi mahasiswa dilakukan dengan pemutaran video berisi penjelasan tentang departemen apa saja yang ada dan tugas-tugasnya. Setelah itu, disuguhkan juga sedikit cuplikan dari beberapa program kerja BEM seperti FOSTER, KELON, FANTASTIC, dan FMO. Untuk mengakhiri sesi kedua diadakan tanya jawab seputar materi dari sesi dua. Ketika sesi tanya jawab, banyak mahasiswa baru yang antusias menanyakan tentang bagaimana tahap – tahap yang perlu dilakukan untuk menjadi anggota ormawa. Panitia juga menyiapkan hadiah untuk mahasiswa yang bertanya dan untuk 10 orang teratas penjawab quizizz. Acara ini dipandu oleh 2 orang mahasiswa sebagai Master of Ceremony, ada Krisantira dari TP angkatan 19 dan Joel dari TP angkatan 18. Kegiatan ini diselingi dengan ice breaking dan penampilan dari TP Kustik untuk menjaga semangat dari para peserta. (DiAl)

Kategori: ,