Journey of Economics and Business With Others / JEWO 2021
Kamis, 12 Agustus 2021 | 9:47 WIB

Kegiatan Journey of Economics and Business With Others / JEWO 2021 merupakan kegiatan wajib pengganti ELWO (Economic Living With Others) yang sudah dilaksanakan dua kali pada tahun ini. JEWO ini merupakan perubahan konsep kegiatan yang disesuaikan dengan adanya batasan pada kondisi pandemi saat ini.

Kegiatan JEWO sendiri diadakan dengan tujuan untuk meningkatan rasa empati, simpati dan keperdulian terhadap sesama manusia disekitar, yang merupakan bentuk lain dari pengabdian yang dapat dilakukan secara online di masa pandemi.

Konsep baru yang dimaksud adalah dengan membuat tulisan berdasarkan tindakan dan pengamatan pada lingkungan sekitar ketika melakukan interaksi dengan subjek kaum marginal yang mencerminkan kepedulian terhadap sesama manusia. Walaupun peran dari kegiatan ini kurang dapat berdampak bagi masyarakat, kami berharap dengan adanya kegiatan ini akan membuka cara berpikir setiap mahasiswa terhadap kehidupan disekitarnya. Selain itu hasil dari tulisan mahasiswa nantinya akan dipilih dan diterbitkan sebagai e-book yang akan diterbitkan oleh pihak Fakultas.

Dalam kegiatan JEWO kali ini, kami memilih tema “Build Empathy with Others from Conscience Become Actions” yang memiliki arti Membangun Empati kepada orang lain dari hati nurani menjadi tindakan atau aksi nyata.

Dengan tema ini kami berharap mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang menjadi peserta JEWO dapat menjadi sarana untuk mahasiswa mengamati dan menumbuhkan kepedulian terhadap masyarakat khususnya kaum marginal yang ada di sekitar kita dengan ikut andil bagian dalam aksi nyata dan menjadikan hal tersebut sebagai refleksi tertulis yang diharapkan dapat menjadi pembelajaran mengenai kehidupan bermasyarakat.

JEWO ini dilaksanakan mulai tanggal 13 Juli hingga 9 Agustus 2021. Rangkaian kegiatan JEWO ini terdiri dari Technical Meeting, Seminar dengan Tema Membangun Empathy dan Kepedulian Sosial, penjelasan tugas, masa pembuatan refleksi, dan masa pengecekan akhir refleksi.

Kegiatan ini dilakukan secara online melalui bantuan platform Zoom , LINE Group sebagai media komunikasi saat terjadi pandemic covid 19 seperti saat ini serta wadah untuk pengumpulan refleksi JEWO 2021 yaitu menggunakan Supercyber2 Unika. Tentunya mengingat kita harus terus beradaptasi dengan kondisi saat ini dan menyesuaikan semua kegiatan dengan segala kendala yang ada untuk tetap menjalankan kegiatan dengan baik dan maksimal.

Konsep dari kegiatan ini yakni dengan membantu kaum marginal (ojol / tukang) pada lingkungan rumah masing-masing dengan memanfaatkan aplikasi online yang ada,selain itu juga melakukan donasi secara online kepada kaum-kaum marginal juga yang dapat direfleksikan. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 380 mahasiswa angkatan 2020 dan 2019.

Dalam kegiatan JEWO 2021 panitia juga menyediakan  form evaluasi yang diperuntukan peserta JEWO 2021 bertujuan untuk melihat kritik dan saran dari peserta dalam mengikuti JEWO karena JEWO ini merupakan kegiatan yang masih dilaksanakan dua kali dan tentunya masih diperlukan kritik dan saran supaya kegiatan JEWO yang akan datang lebih baik daripada sebelumnya.

Kategori: ,