Ignasius Jonan Jadi Keynote Speaker Seminar Dies Natalis ke-39 FEB Unika
Kamis, 12 Agustus 2021 | 9:37 WIB

image

Dalam rangka Dies Natalis ke-39 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Soegijapranata, FEB menyelenggarakan FEB Knowledge Festival: Embracing transformative works. FEB knowledge festival 1 Juli sampai 6 Agustus 2021.
Berbagai bentuk kegiatan akademis dilakanakan di antaranya diseminasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, writing camp yang bertujuan untuk meningkatkan minat akademisi untuk menulis, dan seminar-seminar yang menjawab tantangan saat ini.

Sedangkan puncak acara adalah seminar yang dilaksanakan secara daring melalui ruang virtual Unika dengan topik “A Dynamic Pause: Business and Economy Transformation in Pandemic Era”, Senin lalu (9/8/2021) dengan menghadirkan Ignasius Jonan SE MA sebagai keynote speaker.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC saat membuka acara seminar, kembali ditegaskan adanya The Great Reset yang terjadi saat pandemi covid-19 dewasa ini.

“Seperti kita ketahui dalam World Economic Forum sebagai Great Reset itu mengubah banyak hal dalam kehidupan kita, sampai dengan nantinya terbentuk normalitas baru maka setiap individu dan organisasi punya kesempatan untuk maju menjadi pioneer atau inisiator dalam perubahan di masa depan,” ucapnya.

Dalam dunia pendidikan, ujar Rektor, antusiasme bertransformasi tampak dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata yang selalu pro aktif dan inovatif dalam beradaptasi dan menyikapi perubahan zaman.

“Melihat hal tersebut, maka mari bersama-sama kita terus bertransformasi menjadi yang terbaik dan adaptif, untuk kebaikan kita semua”, lanjut Prof Ridwan Sanjaya.

Sementara dalam paparan materinya sebagai keynote speaker, Ignasius Jonan menyampaikan beberapa leading sector atau leading attractions dari perekonomian pada masa mendatang.
“Ada lima leading sector atau leading attractions dari perekonomian di masa mendatang yaitu renewable energy atau energi baru dan terbarukan, electric vehicles atau kendaraan listrik, online business, artificial intelligence, dan bisnis lingkungan hidup,” jelasnya.

Menurutnya, kita harus mempersiapkan diri dalam dunia baru di perekonomian karena kita tidak mungkin kembali ke perekonomian yang sama lagi. Yang dihadapi adalah disrupsi mengenai teknologi, disrupsi mengenai kesadaran lingkungan hidup dan juga disrupsi tata cara kita melakukan bisnis.

“Hendaknya kita mulai mengenalkan apa yang disebut sebagai ESG yang sudah mulai didengungkan di seluruh dunia yaitu Environmentally friendly, Socially responsible dan Good governance. ESG penting karena sebagai modal untuk melakukan Great Reset sebagai dampak dari pandemi yang terjadi saat ini”, tandasnya.
Dalam Seminar A Dynamic Pause: Business and Economy Transformation in the Pandemic Era yang diselenggarakan oleh FEB Unika Soegijapranata ini, diluncurkan pula buku dengan judul “Berubah Seiring Waktu: Antologi Pemikiran ekonomi dan Bisnis Pada Era Covid-19” oleh Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC selaku Rektor Unika dan Drs Theodorus Sudimin MS selaku Dekan FEB Unika Soegijapranata, dengan 50 penulis termasuk Dr Angelina Ika Rahutami sebagai editor didalamnya.

https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/semarang/ignasius-jonan-jadi-keynote-speaker-seminar-dies-natalis-ke-39-feb-unika/

Kategori: