Happiness, Topik Awal Pengembangan Soft Skills Bagi Mahasiswa || UPT Pusat Karir
Kamis, 26 Agustus 2021 | 8:46 WIB

Pengembangan soft skills adalah sebuah pembelajaran untuk mengembangkan diri yang dapat dipelajari dalam sebuah training ataupun bentuk pembelajaran lainnya. Pada semester ini, UPT Pusat Karir atau Soegijapranata Student Career Centre bekerja sama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi menyelenggarakan kelas pengembangan Soft Skills. Diikuti oleh kurang lebih 98 mahasiswa, kelas ini diadakan secara online di sore hari pada setiap hari Selasa dan Rabo.

Happiness, adalah pilihan materi pertama pada pengembangan soft skills yang diulas pada hari Selasa dan Rabo tanggal 24 dan 25 Agustus 2021. Bagaimana seseorang mampu melakukan sesuatu dengan langkah ringan jika kegiatan atau langkah tersebut tidak membuat bahagia. Lebih mengetahui diri sendiri, who am I, yaitu memahami kekuatan diri untuk dapat dikembangkan bagi diri dan sesama sehingga memiliki value, adalah salah satu cara untuk mengetahui kebahagiaan seseorang.

Dipandu oleh CVR Abimanyu, S.Psi, M.Psi dan tim, kegiatan ini diawali dengan obrolan singkat tentang “apakah hari ini aku bahagia?”. Mahasiswa diajak untuk berpendapat dan mengetahui arti bahagia versi mereka. Ada yang bahagia karena baru saja bisa jalan-jalan, ataupun bahagia karena dicurhati oleh temannya, bahagia karena dapat membantu orang lain memperbaiki motor, atau bahkan bahagia karena sedang pedekate dengan seseorang. Kebalikannya, ada juga yang merasa kurang bahagia setelah diputus oleh pacar. Dari hal-hal kecil seperti ini, mahasiswa diberikan pencerahan tentang arti bahagia.

Materi yang ringan namun mampu membangkitkan mahasiswa untuk menggali sesuatu yang menjadi authentic happiness mereka. Untuk dapat menemukan authentic happiness tersebut, tiap pribadi harus mampu mengenal kekuatan diri, mengasahnya, untuk kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga memiliki arti bagi sesama (moral value).

Bahagia adalah sesuatu yang diciptakan bagi diri sendiri sehingga orang lain dapat menikmatinya. (yl-sscc)

Kategori: