Foster 2021 : ‘Pushing the Boundaries: Sustainable and Responsible Food Innovation’
Kamis, 12 Agustus 2021 | 16:40 WIB

image

FOSTER (Food Science Student Conference) 2021 diadakan pada hari Jumat, 6 Agustus 2021. FOSTER atau dulu dikenal sebagai ISC (International Student Conference) atau NSC (National Student Conference) telah diadakan selama 21 tahun. Tahun ini, FOSTER mengangkat tema ‘Pushing the Boundaries: Sustainable and Responsible Food Innovation’. Pada rangkaian acara kali ini, diadakan konferensi yang dihadiri oleh mahasiswa Teknologi Pangan, akademisi, serta praktisi baik dari Unika Soegijapranata maupun dari universitas dan instansi lain di seluruh Indonesia. Selain konferensi, diadakan juga Scientific Paper Competition yang diikuti oleh mahasiswa Unika Soegijapranata sendiri, serta universitas-universitas ternama di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Indonesia Institute of Life Sciences (i3L), Universitas Diponegoro, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dan lain – lain. Masih seperti tahun-tahun sebelumnya, acara FOSTER menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris dan bertujuan untuk menambah dan membagikan wawasan para peserta dalam bidang teknologi pangan.

Pada sesi pertama FOSTER 2021, diundang tiga pembicara dari berbagai kalangan untuk bisa membagikan wawasannya terkait keberlanjutan dalam dunia pangan. Pembicara pertama yaitu Bapak Ariawan Budiprabawa, BS, MBA yang saat ini merupakan Marketing Senior Vice President pada PT Indofood Sukses Makmur, Tbk. dalam divisi Bogasari Flour Mills. Pada konferensi kali ini, Bapak Ariawan membawakan topik ‘Wheat Flour Market & Sustainable Business’. Pembicara selanjutnya yaitu Ibu Inneke Hantoro, S.TP., M.Sc. yang saat ini merupakan Dosen Fakultas Teknologi Pertanian dalam Rumpun Integritas dan Keamanan Pangan. Pada kesempatan kali ini, materi yang dibawakan oleh Ibu Inneke terkait pada ‘Plastic Waste from Food Packaging and Food Safety Issues’. Pembicara ketiga merupakan Dr. Ir. Jimmy Perdana yang saat ini bekerja sebagai Senior Scientist pada Nestle RD Centre, Singen, Germany. Melengkapi kedua pembicara sebelumnya, Bapak Jimmy membawakan materi terkait ‘Industry Towards Sustainable and Responsible Food Manufacturing’.

clip_image002

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan Presentasi oleh seluruh finalis Scientific Paper Competition. Finalis yang terpilih berasal dari peserta yang telah lolos tahap seleksi abstrak pada bulan Juni 2021 lalu dan telah mengumpulkan keseluruhan karya tulis ilmiahnya. Pada sesi ini, para finalis wajib mempresentasikan karya tulis ilmiahnya di hadapan para juri yang berasal dari Dosen FTP Unika Soegijapranata maupun Alumni FTP Unika Soegijapranata yang telah menjadi praktisi-praktisi di dunia pangan. Dalam Scientific Paper Competition ini, terdapat 3 kategori hadiah yang dapat diperoleh oleh para peserta, Outstanding Paper Award, Outstanding Presentation Award, serta The Best Overall Award untuk finalis yang memiliki abstrak, karya tulis, dan presentasi terbaik dari seluruh peserta lainnya. Rafael merupakan salah satu mahasiswa Fakultas Teknologi Pangan angkatan 19 yang menjadi peserta Scientific Paper Competition. Rafael mengaku senang dan terkejut ketika mendapatkan Outstanding Presentation Award bersama rekan satu timnya dalam kompetisi FOSTER dan ini menjadi pengalaman pertamanya. “Awalnya memang aku gak terlalu tertarik, tapi karena dapat ajakan dari teman aku berpikir ini bisa jadi kesempatan untuk mendapat pengalaman baru“ ujar Rafael. Tidak menutup kemungkinan bagi Rafael untuk mengikuti kembali kompetisi yang akan diselenggarakan oleh FOSTER di tahun berikutnya. (DeAl)

Kategori: ,