Edukasi Online ala Medical Socialization Diselenggarakan Oleh BEM FK
Kamis, 5 Agustus 2021 | 15:30 WIB

Sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, Divisi Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran (BEM-FK) Universitas Katolik Soegijapranata Semarang menyelenggarakan Medical Socialization atau yang biasa dikenal dengan Medsoz.

Tahun ini Medsoz dilaksanakan secara daring karena kondisi di Indonesia yang masih dalam pandemi COVID-19, memaksa kita untuk meminimalisir berbagai kegiatan dan tidak bertemu dengan banyak orang. Medsoz dilaksanakan 3 kali, dengan mengangkat tema dan mengundang narasumber yang berbeda di setiap pelaksanaannya.

Medsoz pertama kali dilaksanakan via zoom pada tanggal 28 Maret  2021, dengan mengangkat tema Kesehatan Anak dan Remaja di Masa Pandemi. Pelaksanaan yang pertama ini dibuka secara umum dan turut mengajak para orang tua penghuni Perumahan Graha Mukti Utama, Jl. Selo Mulyo Mukti Barat gang 8/84 RT 06 RW 09, Tlogomulyo, Pedurungan, Semarang. Dengan mengundang dr. Jessica Christanti, M. Kes sebagai narasumber, pelaksanaan pertama Medsoz berakhir dengan pemberian poster edukasi Kesehatan Anak dan Remaja  di wilayah  Perumahan Graha Mukti Utama.

Pelaksanaan Medsoz yang kedua pada tanggal 30 Mei 2021 sedikit berbeda dengan yang pertama. Edukasi dilakukan secara tatap muka di Panti Asuhan Amanah Ambarawa dengan mengundang 2 narasumber yaitu, dr. Fransisca Pramesshinta Hardimarta, M.Si.Med membawakan materi Demam Berdarah Dengue dan drnrita Ernestia, M.Biomed (AAM) membawakan materi Personal Hygiene.

Setelah sesi pemaparan materi, Medsoz kedua ditutup dengan games dan pemberian barang – barang, seperti handsanitizer, sabun cuci tangan, dan alat kebersihan lainnya. Mengangkat 2 tema yang saling berhubungan dengan harapan Medsoz dapat lebih meningkatkan rasa menjaga kebersihan individu dan lingkungan sekitar di Panti Asuhan Amanah Ambarawa.

Medsoz ketiga dilaksanakan secara online kembali, dengan mengangkat tema yaitu Mengenali Gejala Penurunan Daya Ingat pada Lanjut Usia. Hampir sama dengan pelaksanaan yang pertama, Medsoz ketiga kembali dibuka secara umum dan mengundang dr. Vania Angeline Bachtiar, Sp. N sebagai narasumber.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2021 dengan lancar dan antusias. Saat kegiatan berlangsung, panitia juga melakukan perekaman dari awal sesi hingga akhir dengan tujuan hasil rekaman tersebut akan dipakai untuk pemberian edukasi kepada Lanjut Usia di Panti Werda Pengayoman Semarang yang disertai dengan pemberian sembako.

Kegiatan ini diharapkan mampu bermanfaat dan berguna bagi masyarakat agar lebih meningkatkan kesadarannya dalam menjaga kesehatan di tengah masa pandemi yang masih berlangsung saat ini.

Kategori: ,