Dies Natalis ke-39, Unika Gelar Alumni Virtual Homecoming
Senin, 9 Agustus 2021 | 9:14 WIB

image

Unika Soegijapranata Semarang menggelar acara alumni Virtual Homecoming atau acara temu alumni, secara daring, beberapa waktu lalu. Acara ini dihelat dalam rangkaian peringatan dies natalis ke-39 Unika.

Dalam siaran pers Humas Unika, Sabtu (7/8), Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC dalam kesempatan itu, menyampaikan informasi tentang perkembangan terkini Unika sebagai perguruan tinggi yang pernah menjadi tempat studi para alumni.

“Unika Soegijapranata dalam perkembangannya dari dulu hingga sekarang, telah berjalan pada jalur yang benar. Hal tersebut tampak dari banyaknya capaian akademik yang diperoleh selama ini, diantaranya adalah Unika merupakan PTS pertama di Jawa Tengah yang terakreditasi A pada tahun 2016, dan juga PTS Terbaik versi Kemenristekdikti pada tahun 2019 dan Kemendikbud pada tahun 2020,” papar Prof Ridwan Sanjaya.

Demikian pula pada tahun 2020, Unika juga mendapat penghargaan dari LLDIKTI VI Jawa Tengah sebagai penerima Dana Hibah Penelitian terbesar di LLDIKTI VI, serta penerima penghargaan Terbaik III Institusi Kemahasiswaan dari Kemenristekdik pada tahun 2018.

Ia melanjutkan, Masih banyak deretan capaian prestasi lainnya yang telah diukir dan dikembangkan oleh Unika di saat dunia masih dalam menghadapi kesulitan pandemi. Kata kunci ‘Transformasi’ digunakan dalam kurun waktu dari tahun 2017 hingga 2021, untuk mewujudkan program kerja yang disebut sebagai Unika Connect.

"Unika Connect bertujuan menghubungkan talenta yang dimiliki oleh Unika dengan berbagai kebaikan dan hal-hal baik di masyarakat. Dan untuk itu salah satunya kita telah menciptakan beberapa layanan untuk alumni, diantaranya adalah aplikasi Unika Menyapa, aplikasi Halo alumni, Website Legalisir, Penggalangan Dana dan Job Fair," ungkapnya.

Adapun terbaru kata dia, yakni Unika meluncurkan frame baru dari Soepra Radio menjadi Soepra Radio dan Televisi. Perubahan ini, lanjutnya, merupakan transformasi dari setiap organisasi di dalam kampus Unika yang kurang lebih membutuhkan waktu delapan tahun untuk bisa menjadi Soepra Radio dan Televisi. Dalam acara alumni Virtual Homecoming ini, turut hadir pula Ketua Ikatan alumni Soegijapranata atau IKASoepra Krisseptiana Hendar Prihadi (Tia Hendi) SH MM yang menyambut dengan bangga berbagai kemajuan dan prestasi yang berhasil dicapai oleh Unika Soegijapranata.

“Kami tentu merasa bangga dan percaya bahwa Unika telah sangat dipercaya oleh masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Tengah sebagai perguruan tinggi swasta pilihan utama untuk mendidik putra putri bangsa agar nanti dapat memperoleh pendidikan berkualitas dengan standar tinggi untuk kemudian dapat bersaing dengan para alumni  dari pergurun tinggi lainnya,” ujar Tia yang merupakan istri Walikota Semarang Hendrar Prihadi SE MM.

Sekretaris I IKASoepra Andy Sutanto menambahkan tentang sinergisitas antara alumni dengan Unika dan menjadi poin penting dalam pelaksanaan kegiatan alumni.

“Antara alumni dengan Unika selalu ada relasi yang saling mendukung satu dengan lainnya. Sinergitas antara alumni dengan Unika diharapkan dapat membuahkan kesuksesan bersama, karena peranan ikatan alumni tidak hanya cukup memberikan dukungan agar visi dan misi kampus bisa tercapai, melainkan alumni juga menjadi ujung tombak dalam rangka meningkatkan reputasi kampus di masyarakat,” ujarnya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr V Kristina Ananingsih  juga menegaskan perlunya sinergitas alumni dengan Unika Soegijapranata.

“Dengan pelaksanaan kegiatan alumni Virtual Homecoming ini, kita berharap dapat meningkatkan rasa kekeluargaan dan sinergi di antara alumni dan civitas akademika, saling memberikan informasi dan meningkatkan kerjasama di antara alumni sendiri. memberi informasi kepada alumni tentang pengembangan kampus Unika, serta mengajak alumni untuk turut berpartisipasi mengembangkan almamater dan mendukung prestasi mahasiswa Unika," imbuh Tina.

https://kuasakata.com/read/berita/35857-dies-natalis-ke-39-unika-gelar-alumni-virtual-homecoming

Kategori: