Bagaimana Menghasilkan Pemimpin yang Dibutuhkan untuk Mengatasi Masalah Lingkungan?
Selasa, 24 Agustus 2021 | 10:04 WIB

imagePermasalahan lingkungan sangat kompleks karena tidak hanya berkaitan erat dengan isu-isu teknis dan fisik lingkungan, tetapi juga berkaitan erat dengan isu-isu sosial, ekonomi, politik, dan kepemimpinan. Karena itu, salah satu solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan lingkungan dan juga permasalahan sosial dan ekonomi adalah perguruan tinggi perlu mengembangkan kapasitas kepemimpinan lingkungan yang interdisipliner (Mino & Hanaki, 2013).

Dilansir dari akademik.unika.ac.id, berkenaan dengan hal itu, sesuai dengan motto “Talenta Pro Patria et Humanitate” yaitu Unika Soegijapranata harus senantiasa berperan aktif dalam upaya bersama masyarakat dan pemerintah mengatasi permasalahan-permasalahan Tanah Air dan kemanusiaan, maka mulai Tahun Akademik 2017/2018 Unika Soegijapranata membuka dan menyelenggarakan Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) dengan konsentrasi pada Kepemimpinan Lingkungan. Program ini dirancang khusus untuk menghasilkan para doktor lingkungan yang memiliki kapabilitas dalam kepemimpinan lingkungan.

PDIL Unika Soegijapranata menerima mahasiswa baru S3 hingga 31 Agustus 2021. Apabila ingin melanjutkan Studi ke jenjang S3 dalam Ilmu Lingkungan (Interdisiplin), dengan spesifikasi khusus, misalnya Akuntansi Lingkungan, Kepemimpinan Lingkungan, Psikologi Lingkungan, Teknik lingkungan, Teologi Lingkungan, Kesehatan Lingkungan atau lainnya, silahkan bergabung dengan kami di Program Doktor Ilmu LIngkungan (PDIL) Unika Soegijapranata. Kami masih menerima pendaftaran maahasiswa baru hingga 31 Agustus 2021.

Perkuliahan dan bimbingan diseertasi dilakukan secara online. Perkuliahan hanya pada Semester 1, dilakukan pada hari Jumat (14.00-21.00) dan Sabtu (8.00-17.00). Perkuliahan dirancang untuk diselesaikan dalam waktu 2,5 tahun hingga 4 tahun.

Apabila lulus Doktor, Bapak dan Ibu memiliki bidang keahlian inter-transdisiplin ilmu. Misalnya, Doktor Ilmu Lingkungan dengan Bidang Keahlian Kepemimpinan Lingkungan, Akuntansi Lingkungan, Ekoterapi, Psikologi Lingkungan, Green Health, dan lainnya.

Selengkapnya, mengenai bagaimana menghasilkan pemimpin yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah lingkungan? Dan profil Program Doktor Ilmu Lingkungan Unika Soegijapranata, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Ketua Program Doktor Ilmu Lingkungan Unika Soegijapranata Semarang, Prof Andreas Lako.

https://www.radioidola.com/2021/bagaimana-menghasilkan-pemimpin-yang-dibutuhkan-untuk-mengatasi-masalah-lingkungan/

Kategori: