Tingkatkan Teknik Bernyanyi Choir di Masa Pandemi Lewat Media Online
Jumat, 16 Juli 2021 | 16:57 WIB

clip_image002

clip_image004

Pada tanggal 17, 20, dan 24 Mei yang lalu, Paduan Suara Gratia Choir UNIKA Soegijapranata telah menyelenggarakan acara Choir Clinic, sebagai salah satu bentuk kegiatan pengembangan teknik bernyanyi secara paduan suara.

Choir Clinic merupakan salah satu dari beberapa program kerja yang disusun oleh pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Gratia Choir. Tujuan dari Choir Clinic sendiri adalah untuk mengembangkan teknik bernyanyi para anggota aktif Gratia Choir secara lintas angkatan, dengan menghadirkan narasumber atau pembicara dari pelatih paduan suara lain, dan dalam Choir Clinic 2021 ini Gratia Choir menghadirkan Arvin Zeinullah sebagai narasumber. Arvin Zeinullah atau kerap disapa “Kang Arvin” merupakan pelatih dari Paduan Suara Mahasiswa Agria Swara (Institus Pertanian Bogor) dan juga Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran, Bandung.

Choir Clinic tahun ini dilaksanakan secara daring, dikarenakan situasi yang masih belum mendukung apabila dilaksanakan secara luring, dengan menggunakan media Zoom Cloud Meeting. Walau tidak dilaksanakan seperti Choir Clinic di tahun-tahun sebelumnya, namun hal tersebut tidak menyurutkan euforia dan antusiasme dari peserta Choir Clinic 2021. Tercatat secara akumulatif pelaksanaan acara, 95% persen dari keseluruhan anggota aktif Gratia Choir mengikuti acara ini, mulai dari hari pertama hingga terakhir.

Acara ini berlangsung selama 3 hari dan dilaksanakan pada saat hari latihan Gratia Choir, yaitu hari Senin dan Kamis. Pada hari pertama, acara ditujukan untuk seluruh anggota aktif Gratia Choir. Lalu pada hari kedua, isi acara ditujukan khusus bagi anggota aktif perempuan atau untuk suara sopran dan alto. Pada hari terakhir, acara berfokus pada anggota laki laki atau suara tenor dan bass.

Materi yang diberikan oleh Kang Arvin dalam Choir Clinic 2021 ini lebih berfokus pada cara mudah mempelajari not balok serta teknik yang benar untuk memproduksi bunyi dalam paduan suara. Saat hari pertama, Kang Arvin memberikan materi secara umum kepada seluruh peserta, lalu pada hari kedua dan ketiga barulah Kang Arvin menjelaskan lebih detail bagaimana cara memproduksi suara bagi suara wanita dan suara pria saat bernyanyi di dalam paduan suara.

Sebagai tanda terima kasih dari Gratia Choir dalam Choir Clinic 2021 ini, pengurus memberikan sebuah kenang-kenangan berupa sertifikat kepada Kang Arvin selaku pembicara dalam acara ini. (DDA)

Kategori: ,