Speaking Box
Minggu, 25 Juli 2021 | 13:48 WIB

Speaking Box merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh BEM  Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan  (FITL)  periode  2020/2021.  Kegiatan  ini  dilaksanakan  secara online dan dilakukan tiga bulan sekali  yang  dimulai  pada  4  Februari  2021  dan  diakhiri pada  23 Juli 2021. Kegiatan ini membahas isu-isu yang berbeda setiap episodenya dan akan didiskusikan bersama dengan  3  narasumber  yang  berbeda  disetiap  episodenya,  kemudian  haislnya  akan diupload di youtube BEM FITL.

Speaking Box diketuai oleh Clara Angelina K.D (FITL’20)  dan  dibantu  oleh  Laurel  Lia Nola P (FITL’19) selaku ketua BEM  FITL  dan sebagai penanggung  jawab  kegiatan  ini.  Sasaran dari kegiatan ini yaitu mahasiswa  Universitas  Katolik Soegijapranata  dengan  indikator keberhasilannya yaitu mendapatkan 50  viewers  dalam  masing-masing  episodenya.  Di  dalam kegiatan ini dilakukan perbincangan mengenai berbagai isu-isu yang sedang terjadi, kita saling menceritakan berbagai pengalaman yang dialami, dampak yang dirasakan  dan  juga  penyampaian  solusi yang dapat  kita  lakukan  dalam  menghadapi  permasalahan  terkait  dengan  isu  yang ditetapkan. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengajak para  anak  muda  dan  mahasiswa baik dari FITL maupun fakultas lain untuk berpikir kritis  atau  outside  the  box  mengenai  solusi untuk isu-isu lingkungan, perkotaan ataupun isu terkini lainnya.

Pada Speaking Box #1, kami mengangkat tema kemacetan lalu lintas karena menurut kami permasalahan yang sering terjadi di setiap kota  di  Indonesia  yaitu  kemacetan  lalu  lintas,  apalagi pada kota-kota yang dipadati penduduk dan memiliki banyak aktivitas  didalamnya,  seerti  kota Jakarta, dan Semarang. Di dalam episode pertama,  terdapat  beberapa mahasiswa  dari FITL  yang ikut serta, yaitu Paskhalis Bonnieaaron T (FITL’20)  yang berasal dari Jakarta, Wenseslaus Garendy M (FITL’20) yang berasal dari Surabaya, dan Robertus Vico G.P (FITL’20) yang berasal dari Wonogiri.

Pada Speaking Box #2, kami mengangkat tema permasalahan sampah karena  seperti yang  kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang sampah terbanyak kedua sedunia, dan dengan adanya pandemik Covid-19 sampah di Indonesia juga mengalami  peningkatan  terutama sampah masker. Di dalam episode ini terdapat beberapa mahasiswa baik dari Unika Soegijapranata maupun dari universitas lain yang ikut serta berdiskusi, yaitu Grace Agina (FST’20) dari

Universitas Ivet, Dilia Novalin (FEB’20) dari Unika Soegijapranata,  dan  Valeria  Anggi  (FEB’20)  dari Unika Soegijapranata.

Pada Speaking Box #3, kami mengangkat tema mengenai bencana alam yaitu tanah longsor karena akhir-akhir ini banyak bencana yaitu banjir, tanah longsor, dan sebagainya. Karena tema bencana banjir sudah menjadi tema di  program  kerja  BEM  FITL  yang  lainnya,  jadi  kami mengambil tema tanah longsor.  Dalam  episode  ini,  mahasiswa  yang  ikut  serta  dalam  berdiskusi yaitu dari Unika Soegijapranata yaitu, Thomas Agung (FITL’20), Yuvens Dwiva (FITL’20), dan Bonifasius Bimo (FITL’20).

 

Kategori: ,