Seminar Eksternal “A Fresh Start to Reach Your Dream Job” BEM FEB 2021
Kamis, 15 Juli 2021 | 14:59 WIB

Seminar Eksternal FEB diadakan pada Rabu, 14 Juli 2021 dengan tema yang diangkat yakni “A Fresh Start to Reach Your Dream Job”. Seminar kali ini merupakan salah satu progam kerja Badan Eksekutif Mahasiswa FEB yang ditujukan bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katholik Soegijaparanata Semarang dan Umum.

Diadakannya seminar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru  dan juga menambah wawasan mahasiswa, sehingga dengan begitu para mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan soft-skill mereka dan mahasiswa diharapkan memiliki bekal yang cukup sebelum memasuki dunia kerja.

Seminar yang dilaksanakan secara daring ini mengundang dua pembicara yaitu yang pertama adalah  Eugenius Tintus Reinaldi,S.PSi., M.PSi., PSIKOLOG yang merupakan Dosen Psikologi Unika yang membawakan materi tentang  pengetahuan soal karir, pentingnya memiliki growth mindset, serta bagaimana cara mengubah fixed mindset menjadi growth mindset.

Dan pembicar kedua yaitu Alvin Tanthio, beliau merupakan seorang HR Professional pada PT HM Sampoerna Tbk./Philip Morris Internasional dengan membawakan materi mengenai perencanaan karir kedepan untuk bekerja,usaha atau sekolah lagi, pentingnya entrepreneurial mindset,CV dan Interview serta membahas tentang Linkedin.

Dengan latar belakang dari pembicara yang dihadirkan maka materi diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai hal-hal yang perlu kita persiapkan sebelum memasuki dunia kerja.

Seminar ini dihadiri oleh lebih dari 80 peserta yang bergabung selama sesi diadakan dan secara aktif dalam sesi yang berlangsung. Dengan ini maka dapat diketahui bahwa ada cukup banyak minat mahasiswa Unika maupun diluar Unika mengenai materi-materi yang diberikan di dalam acara seminar ini.

Dalam kegiatan seminar yang berlangsung diawali dengan penjelasan yang sangat menarik mengenai pengetahuan soal karir, pentingnya memiliki growth mindset, serta bagaimana cara mengubah fixed mindset menjadi growth mindset oleh pembicara pertama yaitu pak Eugenius atau yang biasa dipanggil pak Aldi  sehingga meningkatkan antusiasme para peserta dalam memperhatikan materi yang disampaikan, dilanjut dengan sesi tanya jawab yang berlangsung dengan baik dan banyak mahasiswa yang menanyakan mengenai bagaimana cara mengubah mindset walau terpengaruhi oleh lingkungan dan pertanyaan-pertanyaan seputar materi yang diberikan.

Setelah itu dilanjutkan oleh sesi pemicara kedua yaitu pak Alvin mengenai perencanaan karir kedepan untuk bekerja,usaha atau sekolah lagi, pentingnya entrepreneurial mindset,CV dan Interview disaat pandemi serta membahas tentang Linkedin dengan pembawaan yang seru dan menarik sehingga juga menarik banyak minat peserta untuk bertanya lebih dalam disaat sesi tanya jawab yang diberikan.

Setelah sesi tanya jawab kedua telah selesai dilanjut dengan sesi game yang berbentu Quizizz dengan pertanyaan seputar materi yang diberikan oleh kedua pembicara seminar pada hari itu, dan dengan 3 peserta dengan nilai tertinggi mendapat hadiah masing-masing Rp.50.000,- . Selain itu disetiap sesi tanya jawab dengan pembicara, panitia juga memberikan hadiah kepada 2 peserta dengan pertanyaan terbaik yaitu uang tunai sejumlah Rp.50.000,-. Dengan pembawaan yang santai dan menarik oleh kedua pembicara seminar dan dapat meningkatkan komunikasi antara peserta dengan pembicara sehingga acara dapat berjalan dengan lancar.

Kategori: ,