Our Aspiration Fakultas Teknologi Pertanian 2021
Selasa, 6 Juli 2021 | 11:43 WIB

Pada hari Sabtu, 26 Juni 2021 mulai pukul 09:30 pagi hingga 12:00 siang, Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian 2020/2021 mengadakan kegiatan Our Aspiration secara daring melalui platform google meet. Kegiatan Our Aspiration kali ini merupakan yang pertama kalinya sejak perkuliahan dilaksanakan secara daring akibat pandemi COVID-19. Our Aspiration merupakan program dari komisi Advokasi Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian yang bertujuan untuk mendiskusikan lebih lanjut aspirasi yang telah terkumpul dari FORMASI (Formulir Aspirasi dan Apresiasi Kuliah Daring) bersama perwakilan mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian.

Our Aspiration kali ini dihadiri oleh 31 perwakilan mahasiswa yang meliputi perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, perwakilan Asisten Praktikum, perwakilan komting dari angkatan 2018 hingga 2020, dan perwakilan ketua kelas mata kuliah. Para perwakilan diundang supaya setiap aspirasi dapat ditinjau kebenaranya, diperbaiki bila ada kesalahan / kejanggalan, maupun untuk melengkapi aspirasi yang kurang kejelasannya. Selain itu, karena semester ini merupakan pertamakalinya diberlakukan praktikum secara daring, kehadiran asisten praktikum sekaligus untuk memberi klarifikasi kepada mahasiswa terkait pelaksanaan praktikum selama satu semester ini.

clip_image002

Foto 1. Sambutan oleh ketua panitia Our Aspiration, Stanley Adrian

Acara Our Aspiration diawali dengan pembukaan dan doa yang dibawakan oleh MC Irine Dwi Nurtanti. Acara lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia acara, Stanley Adrian Soesilo. Stanley menyampaikan bahwa kegiatan Our Aspiration ini merupakan kesempatan bagi perwakilan mahasiswa untuk menyampaikan aspirasinya selama berkuliah di Semester Genap ini dan diharapkan kegiatan ini dapat membantu FTP untuk terus menjadi lebih baik. Berikutnya kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan paparan hasil FORMASI oleh moderator yaitu Bella Lalita Virginia dan Tjoa, Stephanie. Pemaparan aspirasi disampaikan urut pada setiap angkatan, mulai dari semester 2, 4, 6, dan 8. Pada masing-masing angkatan, dipaparkan aspirasi dan saran yang telah diterima untuk mata kuliah wajib dan mata kuliah praktikum. Setiap peserta Our Aspiration kemudian diberi kesempatan untuk menanggapi, mengonfirmasi maupun menyanggah aspirasi yang disampaikan. Diskusi pada our aspiration ini berjalan dengan sangat baik. Para peserta dengan aktif menanggapi dan mengklarifikasi aspirasi yang telah terkumpul. Para asisten dosen juga aktif dalam menanggapi aspirasi mata kuliah praktikum yang diampu. Setelah semua mata kuliah wajib dan praktikum, dilanjutkan dengan aspirasi mata kuliah pilihan dan aspirasi tugas akhir. Setelah semua aspirasi disampaikan, acara ditutup dengan foto bersama dan doa.

clip_image004

Foto 2. Sesi pemaparan aspirasi mata kuliah wajib teori

Hasil dari kegiatan Our Aspiration ini kemudian dikumpulkan dan dilengkapi dengan masukkan yang masuk pasca kegiatan. Semua aspirasi yang telah disaring akan disampaikan kembali pada kegiatan jumpa dekanat yang telah direncanakan pada pertengahan bulan Juni mendatang. Diharapkan melalui kegiatan Our Aspiration ini, semua aspirasi yang dimiliki mahasiswa dapat tersampaikan dan dapat membantu dalam membuat Fakultas Teknologi Pertanian lebih baik di masa mendatang.

Kategori: ,