Manfaat Teknologi yang Merdekakan Pendidikan
Rabu, 28 Juli 2021 | 9:25 WIB

Ilustrasi 123RF

PROSES pembelajaran di perguruan tinggi dengan memanfaatkan teknologi digital yang terintegrasi dan interaktif sudah saatnya wajib diterapkan bagi dosen dan mahasiswa.

Menurut Benny D Setianto dari Unika Soegijapranata, dalam kategori inilah teknologi akan memaksa peserta didik untuk bisa belajar secara mandiri untuk membaca materi, mengerjakan tugas, dan menjawab pertanyaan ujian karena pengawasan teknologi yang ketat.

Di sisi lain, teknologi ini juga memaksa dosen untuk memberikan materi dengan lebih baik dan benar karena apa yang disampaikan tidak hanya terbatas pada tembok dinding kelas, tetapi juga dimungkinkan didengar dan dilihat lebih banyak orang.

“Dengan demikian, akan mendorong proses pembelajarannya menjadikan peserta didik merdeka dalam memperoleh bahan materi, tetapi sekaligus mandiri dalam mengerjakan seluruh proses belajarnya tanpa harus kehilangan kualitas pendidikannya,” ujar Benny.

Harapannya, model pembelajaran dengan teknologi yang lengkap dan tepat guna membantu peserta didik untuk siap terhubung (bukan siap kerja seperti istilah yang digembar-gemborkan saat ini) ke kehidupan selanjutnya

Media Indonesia 21 Juli 2021

— Media Indonesia 21 Juli 2021 hal. 11

https://epaper.mediaindonesia.com/detail/manfaat-teknologi-yang-merdekakan-pendidikan

Kategori: ,