Mahasiswa FK Jadi Relawan Sentra Vaksin Unika
Jumat, 9 Juli 2021 | 15:15 WIB

Keterlimbatan tim relawan mahasiswa FK Unika di sentra vaksin Unika

Sejak hari ke-6 pelaksanaan vaksinasi di sentra vaksin Unika Soegijapranata, para mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Unika Soegijapranata telah terlibat membantu sebagai relawan secara bergiliran antara 5 hingga 6 mahasiswa per hari.

Para mahasiswa FK Unika yang rata-rata masih menempuh studi di semester 2 dan 4 ini, dengan kerelaan dan tanpa paksaan menyediakan diri untuk terlibat aktif membantu pelaksanaan vaksinasi di sentra vaksin Unika, demikian dijelaskan Dekan FK Unika dr Indra Adi Susianto MSi Med SpoG saat dihubungi melalui WhatsApp pada Jumat (9/7).

Lebih lanjut dr Indra Adi Susianto juga menambahkan bahwa sebagai mahasiswa kedokteran, para mahasiswa banyak membantu sesuai dengan tugas dan fungsi dari tenaga kesehatan, seperti misalnya pemeriksaan tanda vital dengan didampingi supervisi dari tenaga kesehatan (nakes) dari klinik Ibu Teresa atau Fakultas Kedokteran maupun dari Puskesmas, serta ikut memantau observasi post-vaksinasi.

“Syarat utama bagi mahasiswa FK yang akan menjadi relawan adalah punya rasa cinta kasih dan kemanusiaan yang mendalam, dan dalam proses pelaksanaannya mau belajar dan siap memperbaiki diri melalui masukan dan supervisi dari nakes,” terang dr Indra.

Sementara dr Gregorius Yoga Panji Asmara SH MHCLA selaku koordinator relawan mahasiswa FK Unika menyampaikan misi kemanusiaan ini belum pasti akan terlibat sampai selesai atau tidak, tapi yang pasti dalam evaluasi harian terlihat mahasiswa antusias, dan merasa ikut berperan dalam misi kemanusiaan yang belum tentu mereka bisa rasakan di lain kesempatan.

Dan apabila melihat antusiasme mahasiswa yang terlibat, nampaknya para mahasiswa akan ikut sampai akhir, dengan tentu saja tanpa mengesampingkan perkuliahan sebagai tanggung jawab utama mereka, terangnya.

“Maksudnya mahasiswa selalu siap diterjunkan kapan saja karena sudah dibekali dengan skill yang memadai saat belajar di FK Unika,” jelasnya.

Disamping itu vaksinasi juga masuk dalam program pengabdian masyarakat yang rutin dilakukan secara berkala, tandasnya. (FAS)

Kategori: ,