Lesehan Real Show
Sabtu, 31 Juli 2021 | 14:05 WIB

Lesehan Real Show merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh BEM Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan (FITL) periode 2020/2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline serta online dan dilakukan tiga bulan sekali yang dimulai pada 5 Desember 2021 dan diakhiri pada 28 Juli 2021. Kegiatan ini membahas isu-isu lingkungan dan bencana alam yang berbeda setiap episodenya dan akan didiskusikan bersama dengan 2 narasumber yang berbeda disetiap episodenya, kemudian hasilnya akan diupload di channel youtube BEM FITL.

Lesehan Real Show diketuai oleh Kamal Rijal Sadewo (FITL’20) dan dibantu oleh Laurel Lia Nola P (FITL’19) selaku ketua BEM FITL dan sebagai penanggung jawab kegiatan ini. Sasaran dari kegiatan ini yaitu mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata dengan indikator keberhasilannya yaitu mendapatkan 50 viewers dalam masing-masing episodenya.

Di dalam kegiatan ini dilakukan perbincangan mengenai berbagai isu-isu yang sedang terjadi dan bencana alam yang terjadi di Indonesia, narasumber menceritakan berbagai pengalaman yang dialami, dampak yang dirasakan dan juga penyampaian solusi yang dapat kita lakukan dalam menghadapi permasalahan terkait dengan isu yang ditetapkan.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mengedukasi mahasiswa baik FITL maupun mahasiswa fakultas lain serta penonton mengenai isu- isu lingkungan terkini dalam sudut pandang FITL dan memperkenalkan FITL kepada masyarakat luas.

Pada Lesehan Real Show #1, tema yang diangkat adalah pemanasan global. Di dalam episode pertama, terdapat beberapa mahasiswa dari FITL yang ikut serta, yaitu Clara Angelina

K.D (FITL’20) yang berasal dari Semarang, Desi Febrina Maharani (FITL’20) yang berasal dari Semarang serta Kamal Rajial Sadewo (FITL’20) yang berasal dari Semarang. Episode pertama ini, narasumber menceritakan apakah Kota Semarang mengalami pemanasan global, dampak apa yang mereka rasakan dari permasalahan tersebut dan adakah solusi yang harus dilakukan.

Pada Lesehan Real Show #2, tema yang diangkat adalah permasalahan krisis air bersih yang terjadi dibeberapa kota di Indonesia. Di dalam episode ini terdapat beberapa mahasiswa FITL yang ikut serta berdiskusi, yaitu Kamal Rijal Sadewo (FITL’20) yang berasal dari Kota Semarang, Yuvens Dwiva Perkasa (FITL’20) yang berasal dari Kota Semarang, dan Julio Ignatius Sinaga (FITL’19) yang berasal dari Kota Riau. Episode kedua ini, narasumber menceritakan apakah Kota

Semarang dan Kota Riau mengalami krisis air bersih atau tidak, kemudian dampak yang apa yang dirasakan dan adakah solusi yang harus dilakukan.

Pada Lesehan Real Show #3, tema yang diangkat adalah bencana alam Gunung Berapi. Dalam episode ini, mahasiswa yang ikut serta dalam berdiskusi yaitu dari Unika Soegijapranata yaitu, Kamal Rijal Sadewo (FITL’20), Alberta Kristi P (FITL’20), dan Ardhito Hayyu Amasto (FITL’19). Episode ketiga ini, narasumber menceritakan mulai dari tanda-tanda gunung meletus, penyebab gunung Meletus hingga upaya mitigasi yang dapat dilakukan sebelum gunung Meletus.

 

Kategori: ,