Kegiatan Panitia Eclass KOPMA
Sabtu, 10 Juli 2021 | 16:30 WIB

Entrepreneur Class (E-Class) KOPMA adalah salah satu acara tahunan dari UKM KOPMA SOEPRA Unika Soegijapranata Semarang. Acara ini merupakan acara seminar dan workshop yang biasanya diselenggarakan di ruang teater gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata. Umumnya, acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu pada bulan tertentu. Namun, karena adanya pandemi Covid-19 yang masih berlangsung dan adanya kebijakan social distancing ketat dari pemerintah, maka acara E-Class pada tahun 2021 ini sama halnya dengan tahun sebelumnya yang harus berubah konsep menjadi webinar.

Acara webinar ini merupakan seminar berbasis online yang diselenggarakan dengan tema “How Build a Long Lasting Business”. Tujuan diadakan nya webinar ini adalah untuk mengedukasi para generasi muda khususnya kaum milenial yang tertarik dibidang bisnis dalam meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam cara membangun bisnis yang bertahan lama. Acara webinar ini  juga diharapkan dapat menambah pengetahuan baru bagi para peserta mengenai dunia bisnis di era global yang serba canggih saat ini.

Acara webinar yang dilaksanakan secara online melalui platform zoom ini diketuai oleh Stefanus Jati Wiro Aji (FP ’20) dari Divisi Persediaan UKM KOPMA SOEPRA 2020/2021, serta penanggung jawab acara webinar ini adalah Aprilia Jihan (FHK ’19) yang merupakan wakil ketua UKM KOPMA SOEPRA 2020/2021. Acara Webinar “How Build a Long Lasting Business” ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 3 Juli 2021, dimulai pada pukul 10.00 dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Guest Star atau bintang tamu pada acara webinar tahun ini adalah Joe Vianly Wijaya yang merupakan pebisnis muda pemilik owner “Ali Kopi Café & Roastery ”.

Acara webinar ini diikuti oleh 102 peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai fakultas di Unika Soegijapranata dan juga peserta dari berbagai universitas lain selain Umika Soegijapranata, serta para panitia acara yang berjumlah 27 orang. Meskipun dilaksanakan secara online, susunan acara webinar ini hampir sama dengan acara E-Class pada tahun-tahun sebelumnya. Acara Webinar “How Build a Long Lasting Business” ini dibuka dengan sambutan dan sapaan hangat dari pembawa acara (MC), kemudian absen awal peserta dilanjutkan dengan sambutan dari Stefanus Jati Wiro Aji selaku ketua panitia E-Class, dan juga pembimbing kemudian pemutaran video profil dan penyambutan guest star Joe Vianly Wijaya.

Kemudian, guest star mempresentasikan materinya hingga selesai. Setelah penyampaian materi selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta webinar dengan guest star, dimana peserta yang memiliki pertanyaan dapat langsung mengetikkan pertanyaannya di room chat pada Zoom dan guest star langsung menjawab pertanyaan peserta. Acara webinar ditutup dengan foto bersama secara virtual dan pengecekan absen peserta webinar.

Bagikan Sembako

Peserta yang telah mengikuti acara webinar ini dari awal hingga akhir berhak memperoleh pulsa senilai Rp 25.000 dan e-sertif. Sebelum pelaksanaan acara, para peserta dan panitia telah bergabung dalam suatu grup WhatsApp guna memperlancar komunikasi. Grup ini digunakan panitia untuk menyampaikan beberapa informasi penting, seperti aturan-aturan yang harus dipatuhi peserta selama pelaksanaan webinar, pengumuman mengenai e-sertif dan pengklaim-an pulsa, serta menjadi tempat panitia untuk menegur para peserta yang tidak mematuhi aturan yang disepakati.

Dikarenakan adanya pandemi Covid-19 ini, para panitia juga harus menyusun strategi baru yang tidak jauh seperti webinar tahun sebelumnya dalam memperoleh dana, dimana panitia memutuskan untuk menggencarkan pencarian dana secara pribadi (melalui dana usaha secara online) dengan  paid promote, dan lain-lain. Kerja keras dan pengorbanan panitia akhirnya terbayar dengan terselenggaranya acara Webinar “How Build a Long Lasting Business” dan cukupnya dana yang diperlukan.

Disamping dengan diadakan-Nya acara webinar tersebut panitia (E-Class) KOPMA juga berinisiatif memberikan hasil sebagian sisa dana usaha nya kepada warga sekitar yang memerlukan bantuan berupa sembako.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada sesama dalam menghadapi Pandemi Covid 19 diadakan-Nya kegiatan ini bertujuan agar kita tidak lupa dalam pentingnya berbagi dan peduli kepada sekitar kita. Perwakilan dari beberapa panitia yang turun tangan dalam memberikan sisa hasil dana usaha kepada masyarakat sangatlah antusias, tidak lupa para perwakilan panitia menerapkan protokol kesehatan yang dihimbau pemerintah dalam menjalankan kegiatan tersebut. Dengan kegiatan ini kami sangat senang dapat sedikit berkontribusi untuk membantu untuk menangani masalah covid.

Kategori: ,