FTP Unika Selenggarakan Webinar Seri ke-14 Mengenai Halal
Sabtu, 24 Juli 2021 | 10:38 WIB

Ibu Evrin Lutfika (kanan) selaku narasumber dan Stanley Adrian (kiri) selaku moderator pada acara Webinar FTP Seri ke-14

Pada hari Rabu tanggal 21 Juli 2021 pukul 13.00, Fakultas Teknologi Pertanian mengadakan Webinar yang saat ini sudah memasuki Seri ke-14 yang mengangkat tema “Get to Know Halal”. Webinar ini diadakan secara daring melalui Zoom Meeting dan dihadiri oleh 147 mahasiswa serta dosen dan tenaga kependidikan di FTP. Webinar ini mengundang Ibu Evrin Lutfika selaku Direktur Indonesia Halal Training and Education Center (IHATEC).

Webinar ini terbuka untuk seluruh civitas akademika di FTP, sekaligus merupakan rangkaian dari kegiatan di mata kuliah Penjaminan Mutu, yang di dalamnya mahasiswa peserta mata kuliah tersebut diberi tambahan pengetahuan khususnya mengenai standar penjaminan halal untuk produk pangan.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Stanley Adrian Soesilo dari Teknologi Pangan angkatan 2018 selaku moderator, dan sambutan oleh Ibu Mellia Harumi, S.Si., M.Sc. atau yang akrab dipanggil Bu Lia selaku salah satu dosen pengampu MK Penjaminan Mutu.

Dalam sambutannya, Bu Lia memaparkan bahwa kegiatan ini diadakan untuk menambah  pengetahuan mengenai halal yang belum dikupas secara tuntas di kuliah dan halal merupakan salah satu bekal penting untuk industri makanan khususnya di Indonesia. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ibu Evrin dan tanya jawab.

Penjelasan dari Ibu Evrin meliputi konsep halal-haram, dilanjutkan dengan penjelasan mengenai sistem penjaminan halal di Indonesia beserta dengan dokumentasi dan sertifikasinya.

Penjelasan yang diberikan sangat menarik dan membuka wawasan dari para audiens bahwa dalam pengajuan sertifikat halal ada banyak sekali aspek yang harus diperhatikan. Setelah itu acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan kuis, lalu penutupan oleh moderator. Dengan diadakannya acara ini, maka diharapkan para mahasiswa FTP yang merupakan calon sarjana teknologi pangan memiliki bekal pengetahuan mengenai halal saat terjun bekerja di industri pangan nantinya.

(Tobias)

Kategori: ,