Eksistensi Tari di Era Pandemi
Senin, 26 Juli 2021 | 16:38 WIB

Webinar Tari merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh UKM Seni Kembangtaru. Webinar kali ini membawakan tema “Eksistensi Tari di Masa Pandemi”dengan judul webinar “Pandemi bukanlah musuh anak tari . Tema dan judul tersebut dipilih karena hal itu seperti pengambaran yang tepat bagi kesulitan yang sedang dihadapi oleh para penari dalam tetap mempertahankan eksistensi seni tari pada era pandemi. Webinar ini diadakan agar dapat menjawab, membantu serta mengatasi keresahan para penari dalam menghadapi pandemi ini sehingga para penari diharapkan dapat tetap berkarya didalam segala keterbatasan yang ada. Webinar ini memfokuskan pada pemberian tips and trick dalam menghadapi ketakutan karena sulit menemukan ide dalam menari, sulit mempublikasi dan sulit mendapatkan euforia sama seperti saat sebelum pandemi. Webinar ini telah diadakan pada tanggal 17 Juli 2021 kemarin dengan total peserta yang hadir 54 peserta.

Pada kesempatan kali ini, UKM Seni Kembangtaru mengundang Kak Bathara sebagai pembicara. Kak Bathara sendiri merupakan penari aktif yang tetap eksis di masa pandemi. Selama pandemi ini, Kak Bathara tidak pernah berhenti berlatih, melatih anak didiknya, serta berkreasi dengan tarian. Selain Kak Bathara, panitia mengajak Airin Wenas untuk bergabung menjadi MC dari webinar ini.

Webinar ini sudah dipersiapkan sejak bulan Mei 2021 dengan panitia yang beranggotakan 8 mahasiswi dari berbagai fakultas. Setiap panitia saling tolong menolong dalam melakukan tugasnya. Dikarenakan waktu yang singkat dan anggota yang terbatas, setiap rapatnya harus dilakukan dengan efektif serta harus memiliki progress yang nyata. Namun saat rapat, suasana rapat tidak pernah dibuat tegang. Setiap panitia bahkan merasa dekat satu sama lain dan kerap memberikan candaan saat rapat.

Dinamika panitia yang mengalami naik turun dalam menyiapkan acara ini berhasil membuat acara berjalan dengan baik dan lancar. Walaupun persiapan singkat dan sempat tertunda dikarenakan UAS. Panitia telah mempersiapkan acara ini sedemikan rupa dengan juga mengadakan gladi kotor, gladi bersih, dan persiapan MC untuk meminimalisir kesalahan saat hari H acara. Pada hari H acara, peserta sangat aktif dan memberikan respon positif pada setiap rangkaian sesinya. Saat sesi tanya jawab, lebih dari 7 peserta yang bertanya kepada pembicara. Panitia pun telah menyiapkan sesi dimana peserta dapat sharing pengalaman sebagai penari selama pandemi. Peserta pun banyak yang mengabadikan momen webinar ini dan menguploadnya di Instagram dengan meng-tag instagram @kembangtaru_scu.

Kategori: ,