Be Creative in Social Media Era
Kamis, 22 Juli 2021 | 9:20 WIB

UKM Dian Fenata telah menyelenggarakan acara seminar berbasis online melalui platform Zoom yang bertemakan “Be Creative in Social Media Era” tepatnya pada hari Sabtu tanggal 17 Juli 2021 pukul 12.00 WIB dan diakhiri pada pukul 16.30 WIB.

Tema acara tersebut memiliki arti bahwa kita sebagai anak millenial harus bisa memanfaatkan kreativitas kita dengan menggunakan ilmu fotografi dan videografi dalam era sosial media ini. Apalagi di era sekarang ini, masyarakat sudah sangat akrab dengan sosial media seperti Instagram, Facebook, Tik Tok, Twitter, dan lain-lain. Maka dari itu, dengan adanya acara seminar ini diharapkan dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi peserta dan diharapkan peserta dapat mengasah kreativitasnya dalam bidang fotografi dan videografi.

Dalam acara seminar ini, kami telah mendatangkan dua guest star yaitu Julius Wedar selaku narasumber fotografi dan Dere Rizkita selaku narasumber videografi.

Acara seminar ini sangat seru sekali karena antusiasme dari para peserta dan penjelasan materi yang sangat luar biasa oleh kedua pembicara. Tidak lupa adanya MC yang dipandu oleh David dan Emilia serta moderator yang dipandu oleh Dea membuat suasana acara seminar semakin menyenangkan.

Pada saat sesi Julius wedar selaku narasumber fotografi,  materi yang diberikan sangat keren dan para peserta pun berlomba-lomba ingin bertanya kepada beliau karena ilmu yang telah diberikan seputar fotografi sangat menarik dan memberikan ilmu yang baru bagi kita semua.

Julius Wedar menjelaskan bagaimana cara menentukan arah kamera yang baik, bagaimana cara mengambil foto dengan kreatif, bagaimana cara menentukan angle foto yang baik dan benar, dan lain-lain. Selain itu, Julius Wedar juga memberikan hadiah tambahan berupa lima buah topi, lima buah buku tentang fotografi, dan 5 buah tas belanja. Tentunya dengan hadiah yang diberikan oleh Julius Wedar, membuat peserta semakin antusias dalam bertanya dan menjawab kuis.

Semangat dan antusiasme dari peserta tak kalah dengan guest star sebelumnya. Pada saat sesi guest star kedua yaitu Dere Rizkita selaku narasumber videografi, para peserta juga sangat bersemangat dan tidak sabar untuk mendengarkan materi yang akan diberikan oleh Dere Rizkita.

Materi yang diberikan oleh Dere Rizkita juga memberikan wawasan yang luas mengenai dunia videografi. Banyak ilmu yang telah diberikan oleh Dere Rizkita untuk kita semua, seperti Software apa yang terbaik dalam mengedit video, bagaimana cara membuat video kreatif di era media sosial, bagaimana cara mengedit video dengan kreatif dan benar, penjelasan tentang gear persyutingan serta teknik-teknik kamera, dan lain sebagainya.

Penjelasan materi yang sangat luar biasa oleh Dere Rizkita membuat para peserta menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti acara seminar ini. Para peserta juga sangat aktif dalam bertanya dan menjawab kuis yang telah diberikan oleh Dere Rizkita.

Peserta yang ikut dalam acara Seminar Dian Fenata 2021 ini sebagian besar berasal dari luar mahasiswa UNIKA Soegijapranata bahkan sampai luar pulau seperti Lampung, Aceh, Palu, Pontianak, dan lain-lain.  Total peserta yang ikut didalam acara seminar ini kurang lebih ada 250 peserta. Semoga dengan adanya acara ini, ilmu yang diberikan oleh kedua narasumber tersebut dapat bermanfaat dan dapat kita kembangkan lagi dimasa depan.

Kategori: ,