WORLD MILK DAY 2021 : Raise Your Glass, Get Your 2H (Healthy and Happiness)
Kamis, 17 Juni 2021 | 9:31 WIB

image

Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia menyelenggarakan acara webinar dalam rangka memperingati Hari Susu Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Juni dan Dies Natalis Fakultas Teknologi Pertanian. Webinar Word Milk Day 2021 mengangkat tema Raise Your Glass, Get Your 2H (Healthy and Happiness) melalui platform zoom pada hari Sabtu, 12 Juni 2021 pukul 13.30 WIB sampai selesai.

Registrasi dibuka gratis untuk umum (SMA sederajat dan mahasiswa) dengan kuota 120 orang peserta. Diadakan juga lomba pre-event yaitu lomba inovasi pangan berbahan dasar susu dengan periode lomba 28 April 2021 hingga 31 Mei 2021.

Peserta yang ingin mengikuti lomba perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang terdapat pada poster pre-event atau membuka Instagram @wmd_unika. Pemenang diumumkan ketika acara webinar berlangsung kemudian dihubungi oleh pihak panitia. Total 3 pemenang dengan hasil karya terbaik mendapatkan e-money­ dan e-certificate.

Acara webinar kali ini dipandu oleh Kak Yessieka dari FTP angkatan 18 dan Kak Luluk dari FTP angkatan 19. Diawali dengan sambutan dari Jesslyn sebagai ketua acara webinar WMD 2021 dan dari Dekan FTP,  Dr. R. Probo. Y. Nugrahedi, S.TP, M. Sc.

Banyak interaksi yang dilakukan selama acara bersama para peserta, salah satunya adalah ketika sesi ice breaking yang dibantu oleh Kak Vira dari FTP angkatan 20. Sesi ice breaking dilakukan di awal acara sebagai pemanasan untuk menambah semangat para peserta mengikuti webinar World Milk Day 2021.

Beberapa pertanyaan diajukan menggunakan platform Slido seperti ‘Apa saja jenis olahan susu yang kamu ketahui?’, ‘Seberapa sering kamu minum susu dalam seminggu?’, dan masih ada beberapa pertanyaan lainnya. Sesi ini mengundang antusias para peserta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan baik dalam Slido maupun kolom komentar. Terdapat 2 narasumber yang memberikan pengetahuan mengenai upaya pemenuhan kebutuhan susu nasional dan hal-hal terkait susu lainnya.

Narasumber pertama adalah Drh. Boethdy Angkasa, M.Si, beliau merupakan Koordinator Pengolahan, Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Ditjen PKH Kementerian Pertanian. Pak Boethdy menyampaikan bahwa konsumsi susu pada tahun 2021 mengalami peningkatan karena adanya pandemi dan munculnya kesadaran dalam  masyarakat akan kandungan nutrisi dalam susu yang banyak dibutuhkan oleh tubuh, karena itu kita diajak untuk mengonsumsi 1 sampai 2 gelas susu setiap harinya.

Narasumber kedua yang berprofesi sebagai Sales Director PT. Yoyic Dairy Indonesia bernama Bayu Isnawan, S.TP., MMA. Pada sesi ini Pak Bayu memberikan paparan seputar proses komersialisasi susu dalam skala industri dan apa saja inovasi dari produk susu yang jarang diketahui.

Sebelum mengakhiri acara webinar ini, teman-teman panitia menyiapkan cuplikan video yang mengajak teman-teman peserta untuk mengkonsumsi segelas susu setiap harinya. Hal yang menarik dari webinar WMD 2021 adalah para peserta diajak menyiapkan segelas susu untuk diminum bersama di akhir acara bersama kedua narasumber dan teman-teman panitia. Para peserta diajak untuk menyalakan kamera dan mengangkat segelas susu yang sudah disiapkan untuk foto bersama dilanjutkan dengan menyuarakan tema webinar WMD 2021 dan minum susu bersama-sama. (DikaAlena)

Kategori: ,