Uskup Agung Resmikan Gedung IPC Unika
Rabu, 23 Juni 2021 | 10:36 WIB

image

Gedung Innovative Programs Cluster (IPC) bernama Gedung Fransiskus Assisi diresmikan oleh Uskup Agung Keuskupan Agung Semarang, Mgr Robertus Rubiyatmoko, Senin (21/6) kamarin. Kampus kedua Universitas Khatolik (Unika) Soegijpranata ini mengusung konsep green building.

Selain itu, bangunan tersebut diproyeksikan mendapat green building (bangunan hijau) oleh Green Building Council Indonesia (GBCI). Area bangunan di kawasan Bukit Semarang Baru (BSB) ini mencapai sekitar 28,656 meter persegi, delapan lantai, 25 kelas, 21 kantor, 10 laboratorium, ruang pamer, ruang perpustakaan, serta ruang teater.

“Gedung IPC Fransiskus Assisi ini masih dalam proses pengajuan sertifikasi Green Building ke GBCI. Kami sedang mengajukan permohonan pendirian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) kepada pengurus yayasan untu melengkapi pengajuan sertifikasi Green Building,” kata Ketua Tim Pembangunan Gedung IPC Fransiskus Assisi, Prof Dr Y Budi Widianarko MSc.

Dengan mengusung konsep bangunan hijau dengan ventilasi yang banyak, diharapkan mahasiswa lebih banyak di luar kelas daripada di dalam kelas. Selain itu, tersedia kelas kreativitas walaupun kelas konvensional tetap ada. Tujuannya supaya suasananya menjadi lebih cair dan mendorong sisi kreativitas tumbuh. “Lokasinya yang dekat pusat komersial dan industri, harapannya para mahasiswa dapat magang dan bisa membangun bisnis semacam start-up di sini,” jelasnya.

Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya menjelaskan, pengembangan kawasan SCU College di BSB City pada tahap awal di gedung Fransiskus Assisi adalah Fakultas Teknologi Pertanian. “Tiga tahun ke depan ditargetkan Fakultas Kedokteran menyusul. Rencananya akan dibangun Rumah Sakit Sandjojo berdampingan di sebelah gedung Fransiskus Assisi,” tambahnya. (den/ida)

►Jawa Pos Radar Semarang 23 Juni 2021 hal 3

Kategori: