Unika Resmikan Kampus 2 di BSB City
Selasa, 22 Juni 2021 | 8:37 WIB

SM 22062021 Unika Resmikan Kampus 2 di BSB City
Unika Soegijapranata meresmikan Kampus 2 di Kawasan BSB City, Senin (21/6). Kampus 2, Gedung Innovative Programs Cluster (IPC) yang diberi nama Gedung Fransiskus Assisi itu diresmikan oleh Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Ridwan Sanjaya bersama Ketua Umum Yayasan Sandjojo Dr AL Agus Saryono, Uskup Agung Keuskupan Agung Semarang MGR Robertus Rubiyatmoko, dihadiri pula para dosen serta segenap civitas Unika Soegijapranata.

Prof Ridwan menuturkan, Gedung Fransiskus Assisi ini merupakan bagian dari SCU Collage yang merupakan gedung yang memenuhi sertifikasi Green Building. Dengan menempati area bangunan seluas sekitar 28.656 m2, selesai dikerjakan dalam waktu kurang lebih sekitar 504 hari sejak awal dilaksanakan pembangunan pada 3 Februari 2020 lalu. Gedung yang memiliki delapan lantai ini dilengkapi 25 ruang kelas, 21 ruang kantor, 10 laboratorium yang besar, ruang pamer, ruang perpustakaan, dan ruang theater.

"Untuk tahap awal, yang akan menempati Gedung Fransiskus Assisi ini adalah Fakultas Teknologi Pertanian. Namun dalam perencanaan akan ada IPC atau Innovative Programs Cluster yang akan dikembangkan dari Kampus I Bendan Dhuwur dan ditawarkan di Kampus SCU College ini," tutumya.

Selanjutnya dalam gedung ini rencana akan ada sembilan program inovatif, meliputi Artificial Intellegence & Big Data, Computational Architecture, Digital Performing Art, E-Commerce, Energy Technology, Englishpreneurship, Food for Beauty & Wellness, Nutrition and Culinary Technology, dan Organic Food & Horticultural Innovation.

"Kami juga berencana kurun tiga tahun berikutnya membangun gedung untuk Fakultas Kedokteran. Selain ruang kelas, kami juga membangun Rumah Sakit Sandjojo yang berdampingan dengan Fakultas Kedokteran," ujarnya.

Pihaknya berharap dengan pembangunan Kampus 2 ini, proses belajar mengajar mahasiswa dapat lebih optimal. Dengan konsep bangunan hijau, terbuka, lebih banyak aktivitas di luar kelas, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa.

Sales Manager BSB City, Harry Setiawan menambahkan, pembangunan Kampus 2 Unika Soegijapranata di BSB City merupakan langkah strategis dalam menggalang sinergi antara Unika dan BSB City, serta hasil dari kerja sama yang baik dengan Yayasan Sandjojo. Tentunya, keberadaan kampus ini akan semakin melengkapi fungsi perkotaan di BSB City.

“Kampus ini bersebelahan langsung dengan Uptown Mall BSB City yang direncanakan selesai pembangunannya pada kuartal ke-2 tahun 2022. Juga berdekatan dengan BCA Training dan Call Center, BSB Industrial Park dan otomotif center, dan green walk. Nantinya akan menciptakan lingkungan perkotaan yang lengkap juga hunian rumah yang tersedia di dekat sini," ujarnya. 

►Suara Merdeka 22 Juni 2021, hal. 10

Kategori: