Unika Mewisuda Lulusannya dengan Menggunakan Teknologi Mixed Reality
Sabtu, 19 Juni 2021 | 15:15 WIB

Unika Soegijapranata pada hari Sabtu (19/6) telah melaksanakan wisuda periode II tahun 2021 secara virtual melalui kanal youtube.

Seperti wisuda sebelumnya, wisuda kali ini Unika Soegijapranata menyajikan pelayanan yang terbaik dalam mewisuda lulusannya yaitu dengan pemanfaatan teknologi mix reality yang merupakan penggabungan antara realitas fisik dengan realitas virtual.

Seperti yang disampaikan oleh Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC tentang pelaksanaan wisuda Unika periode II tahun 2021.

” Wisuda sebagai momentum bersejarah bagi para wisudawan dalam satu tahun ini menjadi sangat spesial terutama di Unika Soegijapranata karena selain dapat dihadiri secara real time dari berbagai belahan dunia manapun, acara ini juga dimungkinkan untuk dihadiri oleh lebih dari satu pasangan orang tua wali karena keberadaan dan kesiapan teknologi informasi yang telah menjadi satu normal baru di kampus ini lebih dari satu dekade yang lalu,” ungkap Prof Ridwan.

Pemanfaatan teknologi mix reality yang merupakan gabungan dari teknologi animasi yang digunakan pada wisuda sebelumnya yaitu face tracking animation, augmented reality dan virtual reality, yang akhirnya untuk kepuasan dan penyajian pelayanan yang terbaik dalam mewisuda lulusannya, maka wisuda kali ini Unika soegijapranata melakukan kegiatan wisuda dengan pemanfaatan mix reality yang menggabungkan antara realitas fisik dan realitas virtual.

Demikian pula kampus Unika Soegijapranata juga tidak tinggal diam dalam melihat masa depan yang dinamis dan terus berubah. Oleh karena itu dengan wadah yang sudah dibentuk sejak Mei 2018 Center for Student Entrepreneurship atau CSE telah menjabatani banyak mahasiswa Unika untuk mengembangkan bisnis-bisnis baru sedari masih berstatus mahasiswa.

Banyak platform digital yang sudah dikembangkan untuk menjembatani pendanaan promosi serta transaksi, demikian pula ada platform Halo Alumni yang dapat diakses melalui hani.unika.ac.id sehingga alumni dimungkinkan untuk menjadi investor dalam bisnis-bisnis rintisan yang dikembangkan oleh mahasiswa, tutur Prof Ridwan menambahkan.

Sementara Kepala Biro Administrasi Akademik Unika Soegijapranata sekaligus Ketua Panitia wisuda periode II tahun 2021, B Lenny Setyowati SS MIKom menjelaskan pula tentang lulusan Unika Soegijapranata pada wisuda kali ini.

” Dalam wisuda periode II tahun ini Unika Soegijapranata telah mewisuda sebanyak 245 wisudawan dari program studi sarjana maupun pascasarjana serta diploma dan profesi insinyur,” jelasnya.

Adapun dari keseluruhan jumlah tersebut dilihat dari faktor usia yang tertua adalah wisudawan dengan usia 45 tahun dan yang termuda adalah 21 tahun.

Sedangkan untuk masa tunggu bagi lulusan untuk bisa mendapatkan pekerjaan, berdasarkan data penelusuran kami diketahui bahwa masa tunggunya adalah kurang lebih 3,5 bulan. Sedang IPK tertinggi wisudawan dalam periode II ini adalah 4,00, tandasnya. (FAS)

Kategori: ,