Gratia Choir Harumkan Nama UNIKA Soegijapranata pada Kompetisi 6th FESPA UBAYA
Sabtu, 19 Juni 2021 | 15:31 WIB

clip_image002

Pada bulan Juni 2021 yang lalu tepatnya pada tanggal 4 – 5 Juni 2021, Gratia Choir telah mengikuti perlombaan 6TH FESPA UBAYA dengan kategori Ansambel yang dilakukan secara live record. 6TH FESPA UBAYA merupakan perlombaan paduan suara tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Surabaya. Perlombaan tersebut diselenggarakan dengan sistem Live Record, yaitu peserta mengirimkan rekaman dimana para penyanyi berada dalam satu tempat yang sama dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat ketika membawakan lagu yang dilombakan, dan kemudian akan ditayangkan saat hari perlombaan sesuai jadwal.

Perlombaan ini merupakan momen yang cukup ditunggu oleh para anggota aktif Gratia Choir setelah cukup lama tidak mengikuti perlombaan, khususnya bagi rekan rekan gratia angkatan 19, yang mana merupakan pengalaman baru bagi mereka mengikuti lomba sejenis. Antusiasme sangat terasa, baik saat latihan, pengambilan video, sampai dengan pengumuman hasil penjurian. Dalam perlombaan ini, sebanyak 20 penyanyi dan 1 orang conductor ditugaskan untuk mengikuti lomba ini, serta didampingi oleh 2 orang official.

Persiapan Gratia Choir dalam mengikuti terbilang cukup menantang karena selain harus sangat mewaspadai resiko terpapar covid-19, para penyanyi juga harus menyesuaikan keadaan yang mengharuskan mereka untuk bernyanyi secara real time bersama – sama, setelah lama menyanyi secara terpisah di tempat masing – masing. Maka dari itu, para peserta yang maju untuk berlomba adalah para mahasiswa yang berada di Semarang dan sekitarnya.

Untuk mempersiapkan yang terbaik dalam perlombaan ini, lomba dilaksanakan jauh hari untuk mematangkan penguasaan lagu serta persiapan untuk pengambilan gambar. Latihan dimulai dari bulan April 2021 dengan sistem pelaksanaan yang terbagi secara daring dan luring. Pada bulan April hingga Mei, latihan dilaksanakan secara daring, tujuannya adalah untuk mengurangi kegiatan bertemu secara langsung untuk mengurangi resiko terpapar covid-19 sembari menguasai lagu yang akan dibawa saat perlombaan, baru kemudian pada bulan Juni 2021 latihan dilaksanakan secara luring di dalam kampus Unika Soegijapranata, tepatnya di Gd. Albertus Lt. 3.

Dalam pelaksanaan latihan pun terdapat cukup banyak kendala yang dihadapi oleh Gratia Choir, seperti perijinan untuk berlatih di dalam kampus, serta persyaratan masuk kampus yang mengharuskan para penyanyi untuk melakukan swab test sebelum memasuki kampus. Pada saat latihan secara luring, salah seorang penyanyi terpapar covid-19 dan akhirnya diharuskan untuk melakukan isolasi mandiri dan mau tidak mau tidak dapat maju untuk berlomba karena resiko penularan. Beruntung, posisi penyanyi tersebut dapat digantikan oleh anggota yang lain, sehingga jumlah penyanyi yang bertugas tidak berkurang.

Setelah kurang lebih 3 bulan berlatih, pada tanggal 26 Juni 2021, dilaksanakan lah pengambilan video yang bertempat di Gd. Albertus Lt. 3. Sebelum pengambilan gambar, seperti biasa para penyanyi diwajibkan untuk melakukan swab test terlebih dahulu sebelum dapat naik ke lantai 3. Setelah semua aman, dilakukanlah pengambilan video. Proses pengambilan video dilaksanakan dalam satu hari dan 3 hari pengeditan visual sebelum akhirnya diserahkan pada pihak panitia 6TH FESPA UBAYA.

clip_image004

Pada saat hari-H penayangan lomba, pihak penyelenggara sempat mengalami kendala dimana tanggal 4 Juni pemerintah secara serempak melaksanakan PPKM darurat karena kasus Covid yang terus melambung kala itu, sehingga mengharuskan pihak penyelenggara mengundur penayangan lomba yang semula berada di hari Minggu 3 Juni berubah ke Senin 4 Juni 2021. Sistem penayangan yang semula dilaksanakan secara Live Stream pun diubah menjadi Pre Record.

Puji kepada Tuhan Yang Maha Esa, proses latihan panjang Gratia Choir berbuah manis dengan berhasil maju ke babak Grand Champion dan berhasil mendapatkan medali perak dalam kategori Ansambel Choir dengan perolehan nilai sebesar 82,95. (DDA)

Kategori: ,