Fakultas Psikologi Unika Siapkan Acara ini untuk Peringati Dies Natalisnya
Jumat, 11 Juni 2021 | 16:29 WIB

Pelaksanaan Jumpa Pers dalam rangka Dies Natalis ke-37 Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata melalui ruang virtual zoom Unika

Dalam rangka Dies Natalis ke-37, Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata, pada Hari Jumat (11/6), telah menyelenggarakan Jumpa Pers dengan beberapa wartawan media mitra Unika terkait penyelenggaraan rangkaian acara yang akan laksanakan selama tiga bulan, tepatnya mulai tanggal 19 Juni hingga 7 Agustus 2021.

Acara yang dilaksanakan secara online melalui ruang virtual zoom Unika ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Psikologi Dr M Sih Setija Utami MKes, Ketua Panitia Dies Natalis Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi beserta tim dan Dr Christine Wibhowo SPsi MSi Psikolog selaku Humas Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata.

Sebagai pengantar, Dekan Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata menjelaskan awal berdirinya Fakultas Psikologi Unika. “Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata sudah ada  sejak Agustus 1984. Saat itu Fakultas Psikologi Unika dikenal sebagai Fakultas Psikologi perguruan tinggi swasta pertama di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” jelasnya.

Lebih lanjut Dr Sih Setija Utami juga menerangkan tentang jumlah kelulusan yang telah dihasilkan hingga saat ini. “Kami telah mencoba menelusuri jumlah lulusan kami dan diketahui sampai saat ini kami dari Fakultas Psikologi Unika telah meluluskan sekitar 4.000 hingga 4.500 alumni yang berkarya di beragam bidang dan tersebar di berbagai kota di Indonesia, bahkan ada yang di luar negeri seperti yang di Jerman dan Belanda,” paparnya.

Dan sesuai dengan perkembangan keilmuan dan kondisi yang ada saat ini, kami dari Fakultas Psikologi Unika memiliki visi untuk mengembangkan ilmu psikologi dengan pendekatan biopsikososial dan multikultur.

Pada tahun ini, tema Dies Natalis yang kami pilih adalah “Kearifan Lokal Sebagai Kekuatan Kolektif dalam Menghadapi Masa Transisi”. Tema ini kami pilih mengingat situasi pandemi yang penuh dengan ketidakpastian menimbulkan berbagai reaksi manusia seperti kecemasan, rasa takut, namun juga harapan dan optimisme, lanjutnya.

Salah satu aspek yang paling terdampak adalah proses pembelajaran. Kami melihat bahwa pendidikan bukan semata proses individual, namun juga suatu proses sosial. Adanya berbagai reaksi yang muncul atas rencana pembelajaran tatap muka menjadi dasar bahwa ada kearifan-kearifan lokal yang dapat dijadikan kekuatan kolektif untuk menghadapi hal tersebut.

Oleh karena itu Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata bertekad untuk hadir sebagai pencerah, sesuai dengan visi-misi yang kami miliki yaitu mengembangkan ilmu psikologi dengan pendekatan multikultur, tandasnya.

Sementara Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi selaku Ketua Panitia Dies Natalis Ke-37 Fakultas Psikologi, juga menjelaskan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Dalam rangka Dies Natalis ke-37, Fakultas Psikologi akan menyelenggarakan beberapa event kegiatan, mulai dari talkshow dan webinar hingga Bazaar Intelektual dan Misa Syukur sebagai penutup rangkaian acara Dies Natalis,” ungkap Dr Ferdinand.

Kegiatan pertama adalah Talkshow yang akan diadakan pada hari Sabtu, 19 Juni 2021 dengan judul “Siapkah Kita Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka?”.

Acara kedua adalah Webinar yang akan diadakan pada hari Sabtu, 26 Juni 2021 dengan judul “Menggali Kearifan Lokal Sebagai Kekuatan Kolektif Dalam Pembelajaran Tatap Muka”. Kedua acara ini bersifat gratis, dapat diikuti secara daring, dan terbuka bagi seluruh masyarakat.

Kegiatan selanjutnya adalah Lomba Film Pendek & Carousel yang dapat diikuti oleh siswa tingkat SMA dan mahasiswa. Lomba akan dilaksanakan selama bulan Juni hingga Juli 2021 dengan tema lomba “Kearifan Lokal Sebagai Kekuatan Kolektif”. Terdapat hadiah menarik bagi para pemenang dengan total senilai Rp 15.000.000,-.

Selain talkshow dan webinar, kami juga berencana mengadakan kampanye luring dan daring. Kampanye ini akan dilakukan oleh civitas akademika Fakultas Psikologi untuk membangun kekuatan kolektif masyarakat dalam menghadapi masa transisi ini. Dengan bekal hasil lomba film pendek dan carousel, kegiatan akan dilaksanakan sepanjang bulan Juli hingga Agustus 2021.

Di hari Sabtu, 10 Juli 2021, kami mengadakan Bazaar Intelektual sebagai bentuk kontribusi bagi masyarakat yang akan menampilkan seluruh bagian keilmuan psikologi yang ada di Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata.

Tema praktis dan implementatif pada Zoominar akan dibagi ke dalam enam judul yaitu “Slametan, Media Transformatif Mewujudkan Kedamaian & Keadilan di Era Disruptif”, “Mengembangkan Karakter Tepo Sliro Pada Siswa Tingkat Pendidikan Menengah (SMP-SMA/SMK)”, ”Unggah-ungguh Dalam Relasi Lintas Generasi di Organisasi”, “Menguatkan Kesehatan Mental Generasi Muda:Cara Modern vs Tradisional”, “Jogo Tonggo: From Zero to Hero”, dan “Strategi Menghadapi Perubahan Relasi Keluarga Dalam Era New Normal Dengan Kearifan Lokal”

Terakhir, kami akan menyelenggarakan perayaan internal civitas Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata dengan Misa Syukur dan acara kebersamaan di tanggal 7 Agustus 2021, tutup Dr Ferdinandus. (FAS)

Kategori: ,