Belum Dapat Pekerjaan Enaknya Ngapain ya ? Talkshow siapkerja oleh SSCC
Rabu, 30 Juni 2021 | 13:51 WIB

Merupakan rangkaian kegiatan virtual job fair ke4 sejak tahun 2020, diadakan acara seminar ataupun talkshow secara virtual yang membicarakan issue menarik seputar siapkerja. Begitu pula pada tanggal 30 Juni 2021 ini mengangkat topik unik, yaitu : Belum Dapat Kerja, Enaknya Ngapain ya ..?

Soegijapranata Student Career Centre – SSCC atau UPT Pusat Karir Mahasiswa menggelar acara talkshow dengan tema tersebut didasarkan pada kondisi yang ada. Kegelisahan anak muda – lulusan dari perguruan tinggi yang belum mendapatkan pekerjaan di masa pandemi ini, yaitu belum adanya panggilan kerja sementara mereka telah “menyebar” lamaran ke berbagai organisasi atau perusahaan.

Menilik pertanyaan akan kegelisahan tersebut, SSCC mengajak HR dari Marga Nusantara Jaya – Konimex Group yaitu Patricia, S.Psi berbagi bersama bapak CVR Abimanyu, S.Psi., M.Psi (dosen – konselor – fasilitator dari Fakultas Psikologi Unika Seogijapranata), mengupas tentang pentingnya mengisi waktu luang selagi menunggu panggilan kerja.

Dikatakan oleh Patricia, S.Psi dari MNJ, bahwa peluang kerja yang sesuai dengan latar belakang pendidikan tidaklah setiap saat ada, sehingga para job seeker harus menggunakan waktu sebaik-baiknya kesempatan yang ada. Sebarlah lamaran kerja dengan mempertimbangkan posisi dan latarbelakang pendidikan yang sesuai. Karena posisi kerja pertama kali akan menentukan peluang kerja selanjutnya.

Sedangkan mas Abi, begitu panggilan narasumber yang akrab dengan mahasiswa dan alumni ini menyatakan bahwa tidak salah jika para lulusan mengambil waktu sejenak untuk rehat. “Ambil waktu kurang lebih 1 minggu untuk benar-benar melepaskan stressing dunia perkuliahan. Paling 3 hari untuk santai bareng teman-teman, mereka sudah bosan dan merasa harus melakukan sesuatu untuk dapat berpikir dan bertindak. Karena para lulusan ini sudah terbiasa dengan tekanan dalam pertugasan – perkuliahan dan berkegiatan, tidak mungkin mereka akan berlama-lama santai begitu saja. Jika berlama-lama santaipun kesempatan mereka akan semakin kecil, disusul oleh lulusan yang lain”

Adapun tips dari 2 narasumber yang sesuai notabene pekerjaan mereka sesuai dengan lata  belakang pendidikan di bidang Psikologi ini adalah : lakukan waktu luang job seeker dengan berbagai peningkatan – pengembangan diri dengan mengikuti webinar – talk show atau apapun yang nantinya akan berguna bagi mereka dalam mencari kerja. Carilah kesibukan yang nantinya akan membuat HRD yakin bahwa anda adalah tepat untuk posisi kerja yang anda lamar.

Talk show ini berjalan kurang lebih 2 jam sejak pukul 10.00 – 12.00, dipandu oleh Yuliana, yang juga seorang fasilitator dan juga Kepala UPT Pusat Karir. Kegiatan talk show ini akan berlanjut pada pelatihan siapkerja “Reach Your Success” yang diadakan oleh Pusat Karir pada akhir bulan Juli mendatang. (yl-sscc)

Kategori: ,