Bantu Peternak Sapi, Tim Dosen Unika Modifikasi Alat Pasteurisasi
Rabu, 9 Juni 2021 | 8:54 WIB

image

Tim Dosen Unika Soegijapranata melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mengangkat tema "Peningkatan Kualitas Susu Sapi Inovasi Pasteurisasi,".

Kegiatan PKM yang dilaksanakan di daerah Kelurahan Jatirejo Kecamatan Gunungpati tersebut diketuai oleh Dr Lindayani, sedangkan anggotanya adalah Dr Florentinus Budi, Dr E Lucky Maretha Sitinjak dan Shandy Jenifer Matitaputty. 

Keempat dosen tersebut dari disiplin ilmu yang berbeda yaitu dari Teknik Elektro, Ekonomi Bisnis dan Teknologi Pangan.

Dalam penjelasannya, Dr Lindayani menyampaikan bahwa ada beberapa sasaran PKM yang ingin dicapai yaitu yang pertama renovasi kandang ternak sapi supaya lingkungan ternak sapi tersebut menjadi lebih nyaman.

"Berikutnya adalah memberikan pelatihan ke masyarakat sekitar, selain memerah sapi, juga memiliki keterampilan alternatif yang bisa mengubah susu sapi menjadi produk-produk yang memberikan hasil dan berguna bagi masyarakat, seperti misalnya permen, dan produk makanan seperti yoghurt, dan lainnya," ujarnya dalam keterangannya, Selasa 8 Juni 2021.

Selain itu, tim Dosen Unika juga menciptakan alat pasteurisasi yang telah dimodifikasi. Artinya alat ini diharapkan bisa dimiliki oleh kelompok tani sapi perah di wilayah sekitar.

Sedang Ketua Kelompok Tani Ternak Sido Makmur, M Nasruddin mengungkapkan bahwa, program yang dilaksanakan oleh tim dosen Unika sesuai dengan kebutuhan petani yaitu renovasi kandang sapi.

"Untuk selanjutnya PKM Unika ini akan menyediakan alat pasteurisasi dan alat pemotong rumput. Sehingga diharapkan dengan semakin lengkapnya peralatan dan fasilitas yang dibutuhkan akan meningkatkan produktivitas dan kualitas produk kelompok kami," imbuhnya.

Dengan renovasi kandang yang selesai dilakukan ini, maka kondisi kandang ternak sapi menjadi lebih nyaman dan memenuhi standar kandang ternak yang di rekomendasikan oleh Dinas Pertanian Kota Semarang.

Antara lain, tinggi kandang dari titik tengah lantai adalah sekitar enam hingga tujuh meter, panas yang lebih sehat dengan mengganti bahan atap dari asbes dengan galvalum, dan ketahanan material yang lebih kuat, serta pengerjaannya yang lebih mudah.

"Dengan renovasi kandang yang dilakukan oleh tim Unika maka kondisi sapi menjadi lebih sehat dan bisa istirahat. Sehingga berdampak pula pada produksi susu dan daging hewan ternak menjadi lebih berkualitas," katanya.

https://www.ayosemarang.com/read/2021/06/08/78669/bantu-peternak-sapi-tim-dosen-unika-modifikasi-alat-pasteurisasi

Kategori: