Unika Terima Penyerahan Bantuan Kapal Penelitian dari PT Fuboru Indonesia
Senin, 3 Mei 2021 | 15:24 WIB

Rektor Unika Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC saat menandatangani penyerahan kapal penelitian turbin listrik dari PT Fuboru Indonesia

Merealisasi program rektorat Unika Soegijapranata yaitu ‘Unika Connect’, maka pada hari Jumat (30/4) bertempat di ruang kantor Yayasan Sandjojo, telah dilangsungkan serah terima kapal penelitian turbin listrik dari PT Fuboru Indonesia Divisi Shipyard ke Progdi Teknik Elektro Fakultas Teknik Unika Soegijapranata. Hal tersebut dinyatakan oleh Dr Florentinus Budi S ST MT selaku Ketua tim peneliti perahu tenaga surya Unika Soegijapranata.

Menerima serah terima kapal penelitian turbin listrik dari Presiden Direktur PT Fuboru Indonesia EV Heru Prasanta Wijaya, yaitu Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC disaksikan oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Benny Danang Setianto SH LLM MIL.

“Urgensi kegiatan adalah kerjasama riset di bidang perahu listrik (plus tenaga surya) untuk mengganti sistem yang sekarang masih menggunakan diesel,  sehingga cukup memakan biaya. Setiap kali melaut butuh biaya solar Rp 500 ribu,” terang Dr FL Budi.

Bantuan ini adalah wujud komitmen dari PT Fuboru untuk ikut secara serius mengembangkan alat transportasi listrik berupa kapal. Saat ini Fuboru juga sedang mengembangkan sepeda motor listrik

“Selain itu, bantuan ini juga akan mendukung proposal ke Kemenristek Dikti BRIN yang meluncurkan Matching Fund di Kedaireka, untuk kerjasama industri dan perguruan tinggi,” tutupnya. (FAS)

Kategori: ,