Studi Banding BEM FEB Unika PERIODE 2020/2021
Rabu, 26 Mei 2021 | 14:43 WIB

Kegiatan Studi Banding BEM FEB Unika Soegijapranata periode 2020/2021 ini merupakan program kerja dari BEM FEB 2020/2021 untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan dari segi ormawa BEM baik dari dalam Unika sendiri ataupun dari Universitas lain.

Dalam kegiatan ini, Studi Banding dilakukan sebanyak dua kali secara internal maupun eksternal. Studi Banding Internal dilakukan bersama dengan BEM FTP Unika Soegijapranata, sedangkan Studi Banding Eksternal dilakukan bersama dengan BEM FE Sanata Dharma Yogyakarta.

Kegiatan Studi Banding BEM FEB Unika Soegijapranata periode 2020/2021 ini merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh usulan anggota BEM FEB periode 2020/2021 yang berkeinginan untuk mendapatkan pengetahuan dan wawasan dari fakultas lain yang ada di kampus Unika Soegijapranata Semarang.

Kegiatan studi banding internal ini dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2020 bersama Fakultas Teknologi Pertanian, dan diikuti oleh 27 orang anggota BEM FEB periode 2020/2021. Kegiatan studi banding ini dimulai pukul 18.00 WIB yang bertempat di Google Meet (Virtual).

Pada acara studi banding ini dimulai dengan pembukaan oleh MC dari BEM FEB Unika, lalu dilanjutkan dengan doa pembuka, setelah itu para peserta dan panitia menyanyikan lagu Hymne Unika Soegijapranata. Acara yang kedua ialah sambutan-sambutan, sambutan yang pertama disampaikan oleh Ketua BEM FEB Unika Soegijapranata saudara Junianto Budi Susilo, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua BEM FTP Unika Soegijapranata saudari Leony Kristina.

Acara selanjutnya ialah pemaparan program kerja BEM FEB Unika, dan pemaparan program-program kerja BEM FTP Unika. Setelah itu pukul 18.45 acara dilanjutkan dengan ice breaking oleh MC. Tujuan dari ice breaking ini adalah memecah suasana yang tegang dan serius dikarenakan segmen sebelumnya adalah pemaparan program-program kerja dari masing-masing BEM Fakultas.

Setelah ice breaking, para peserta studi banding diarahkan oleh panitia untuk memasuki masing-masing ruangan virtual yang telah disediakan dan diatur sesuai program kerja yang mirip antar divisi fakultas.

Ada 6 (enam) ruangan virtual yang disediakan oleh panitia yang berisi masing-masing divisi BEM FEB dan BEM FTP yang memiliki program kerja cukup mirip dan berkesinambungan. Contoh nya seperti divisi Minat Bakat BEM FEB dan divisi Seni Budaya FTP yang memiliki program kerja lumayan mirip yaitu konser kampus. Disaat itu, kami jadi saling mengetahui lebih dalam lagi tentang masing-masing divisi dan system yang ada di masing-masing BEM Fakultas.

Pukul 19.05 WIB masing-masing peserta dari tiap ruangan menyampaikan hasil kesimpulan dan dipresentasikan di ruangan utama. Disini kami BEM FEB dan FTP jadi  saling mengetahui tentang apa saja program kerja, divisi, sistem pengelolaan, kebijakan-kebijakan, dan kendala yang dihadapi oleh masing-masing BEM Fakultas. Disini juga masing-masing dari tiap ruangan ber-swafoto bersama.

Studi Banding ke BEM FE Sanata Dharma

Kegiatan studi banding kali ini ke Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 22  Mei 2021 dan diikuti oleh 27 orang anggota BEM FEB periode 2020/2021.

Kegiatan studi banding ini dimulai pukul 10.00 WIB yang bertempat di Zoom Meeting (Virtual). Pada acara studi banding ini dimulai dengan pembukaan oleh MC dari kedua belah pihak, lalu dilanjutkan dengan doa pembuka, setelah itu menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Unika, dan Hymne Sanata Dharma.

Acara berikutnya ialah sambutan-sambutan, sambutan yang pertama disampaikan oleh Ketua BEM FE Sanata Dharma saudara Yakobus Tarto, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua BEM FEB Unika Soegijapranata yaitu saudara Junianto Budi.

Acara selanjutnya ialah perkenalan dan pemaparan program kerja BEM FEB Unika, disini BEM FEB Unika memaparkan program-program kerjanya dan juga memperkenalkan masing-masing divisi yang ada di BEM FEB Unika. Dilanjutkan dengan pemaparan program-program kerja BEM FE Sanata Dharma, disini BEM FE Sanata  Dharma memaparkan program-program kerjanya dan masing-masing divisi yang ada di BEM FE Sanata Dharma.

Setelah kesimpulan hasil sharing antar ruangan virtual, kami melakukan swafoto bersama untuk kenang-kenangan dari studi banding ini. Berikutnya, masing-masing ketua BEM melakukan penyerahan kenang-kenangan. Kemudian penutupan acara dilakukan oleh MC dan masing-masing peserta dipersilakan untuk meninggalkan ruangan virtual.

 

Kategori: ,