PURA Goes to Campus: Testimony Alumni FTP
Senin, 31 Mei 2021 | 12:59 WIB

Pada Hari Senin pagi tanggal 31 Mei 2021, Pura Group membuka webinar Testimony Alumni Unika yang dimulai pukul 09.00. UPT. Pusat Karir Mahasiswa atau SSCC menyediakan kegiatan ini bagi para calon lulusan dan juga alumni Unika Soegijapranata untuk dapat mengetahui lebih dalam tentang Pura Group.

PURA, yang tadinya dikenal oleh kalangan mahasiswa hanya sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kertas bersekuriti saja, ternyata memiliki group yang sangat banyak jangkauan bidang kerjanya. Jika tentang bahan baku untuk uang (kertas bersekuriti), PURA adalah perusahaan yang sudah sangat dipercaya. Bahkan kertas Ijasah Unika-pun selalu menggunakan kertas bersekuriti dari Pura. Uang kertas yang digunakan oleh PERURI juga disupply oleh Pura.

Pada webinar Pura Goes to Campus kali ini menampilkan Bagus Ariyanto (corporate recruiting specialist) dan Irfan Aditya Setyadji (Senior Researcher) yang keduanya kebetulan adalah alumni dari Fakultas Teknologi Pangan Unika Soegijapranata. Sebagai team dari HR, Bagus memberikan gambaran yang jelas tentang PURA Group dengan menayangkan Company Profile. Tayangan Company Profile ini sangat menggugah rasa kagum pada Pura yang telah berdiri dan berdayaaktif dalam membangun negeri.

Setelah itu kak Irfan memberikan gambaran yang sangat detil untuk Research Department yang digawanginya, diantaranya adalah bagaimana PURA bekerjasama dengan para petani untuk dapat mempertahankan harga dan kualitas hasil panen. Misalkan saat panen raya lombok/ cabai merah, panenan dimasukkan ke Controlled Atmosphere Storage  (CAS) untuk bisa bertahan lama. CAS adalah teknologi penyimpanan buah atau sayur segar dalam atmosfer  yang mengandung komposisi CO2 tinggi dan O2 rendah dengan kondisi dipertahankan secara konsisten. Selain dari CAS itu, hasil panen akan menjadi hasil olahan lain sehingga meningkatkan nilai tambah hasil panen bagi para petani.

Sementara itu, para calon lulusan yang tertarik mengikuti Pura Goes to Campus ini menanyakan berbagai hal tentang proses rekrutmen di area HR. Tahap-tahap yang dilalui para pelamar sejak mereka mengirim lamaran via email, kemudian diproses untuk masuk ke psikotes (online), wawancara dan seterusnya hingga sampai dengan tahap diterima. Selain proses rekrutmen, kak Bagus juga menjelaskan tentang fasilitas yang akan didapatkan saat menjadi bagian dari Pura Group yang dapat berupa transportasi bus karyawan dari area Semarang – Pura Kudus, BPJS kesehatan dan lain-lain.

Webinar ini dihadiri pula oleh ibu Yuliana, Kepala UPT Pusat Karir-SSCC, yang juga sempat memberikan komentar positif untuk beberapa pertanyaan dari peserta. Seperti saat peserta menanyakan kepada kak Bagus tentang tips Curriculum Vitae yang dilirik oleh HR Pura. Selain dijelaskan oleh kak Bagus, bu Yuli menambahkan bahwa SSCC juga membuka pelatihan untuk pengembangan soft skills, termasuk di dalamnya cara membuat CV yang keren dan dilirik oleh HR.

Perlu diketahui bahwa PURA Group memiliki banyak divisi yang membuka peluang bagi seluruh lulusan dari semua program study yang ada di Unika, sesuai dengan latar belakang study dan kecakapan. Acara berakhir pada pukul 11.30, ditutup dengan pemberian souvenir bagi 3 penanya yang paling bagus menurut kak Irfan. (Yl-sscc)

Kategori: