Pentingnya Mind Mapping dalam Penulisan Kreatif
Minggu, 30 Mei 2021 | 17:55 WIB

Narasumber praktisi Vincent Sugeng Hardojo selaku Non Fiction Editorial Manager PT Elex Media Komputindo saat memaparkan materinya di acara kuliah umum secara virtual

Sebuah kegiatan kuliah umum telah diselenggarakan secara virtual oleh Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata pada hari Selasa (25/5).

Acara kuliah umum tersebut diselenggarakan dengan mengundang narasumber praktisi dari PT Elex Media Komputindo yaitu Vincent Sugeng Hardojo selaku Non Fiction Editorial Manager, yang membahas mengenai penulisan kreatif.

Dalam pengantarnya Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC selaku dosen mata kuliah penulisan kreatif menjelaskan perlunya para mahasiswa menambah wawasan dan pengetahuan tentang penulisan kreatif dari para praktisi, disamping yang dipelajari selama kuliah.

“Para mahasiswa perlu mengetahui tips dan trik penulisan kreatif yang nantinya akan disampaikan oleh narasumber dalam acara kuliah umum, terutama untuk penulisan buku. Harapannya semoga selama webinar ini para mahasiswa dapat menimba ilmu dan pengetahuan agar output dalam penulisan kreatif ini bisa menghasilkan buku yang berkualitas dan bisa dibaca oleh banyak pembaca,” jelas Prof Ridwan.

Sedang Vincent Sugeng Hardojo selaku narasumber praktisi, dalam paparan materinya membahas tentang “Cara Kreatif Mencari Ide Penulisan”.

“Kadang-kadang para penulis banyak sekali mengalami kebingungan bagaimana mencari ide penulisan dan bagaimana mengawalinya,” terangnya.

Pada saat kita berencana mendesain buku,  pertama-tama seorang penulis harus mempelajari dulu pembacanya itu siapa, kemudian setelah kita meriset pembacanya, kemudian baru kita mulai merancang tema buku, feature dan manfaat apa yang akan didapat oleh pembaca setelah membaca buku.

Jadi setidaknya dalam perencanaan konsep buku maka kita perlu memahami konsep atau tema buku yang dibuat dengan kata-kata sedikit mungkin, selanjutnya mengetahui problem yang dihadapi pembaca dan memberikan cara penyelesaian problem yang yang diharapkan pembaca, serta keuntungan terbesar yang didapat pembaca apabila membaca buku tersebut.

Perlu diketahui juga tentang target pembaca utama yang diharapkan dan perkiraan harga buku yang bisa diterima oleh pembaca utama  dengan berdiskusi terlebih dahulu dengan editor buku.

Selain itu juga dipersiapkan proses interaksi buku dengan pembaca buku, artinya bagaimana buku berinteraksi dengan pembaca untuk mengirimkan pesan. Kemudian perlu pula diketahui fungsi utama buku yang diterbitkan, feature buku, selanjutnya desain buku dan partnership.

Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah point of difference atau keunikan buku dibandingkan yang telah ada di pasar. Demikian juga, cara menarik perhatian pembaca dan yang terakhir adalah positioning buku, ujar Vincent.

Sumber Ide Penulisan Buku

Dalam hal sumber ide penulisan buku, penulis juga bisa mendapatkan ide dengan cara mencari informasi buku yang best seller atau buku yang sedang trend saat ini ini,  serta bisa pula berkombinasi dengan industri lain yang terkait ide penulisan buku, maupun memperluas range produk.

Tema buku juga menjadi penting untuk menarik perhatian pembaca, juga untuk memudahkan pengembangan buku selanjutnya dan berkaitan dengan problem yang dihadapi pembaca, imbuh Vincent.

Sumber ide tema buku bisa juga didapat dari pengalaman diri sendiri atau solusi atas persoalan yang dihadapi masalah sekitar atau umum. Bisa juga kita belajar dan mempelajari buku lain yang sudah beredar di pasar dengan menggunakan strategi ATM yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi. Selain itu dalam hal mencari tema buku ternyata hanya dengan mengubah kata kunci kita bisa mendapatkan ide tema tak terbatas.

Mind Mapping

Selanjutnya yang menarik adalah bagaimana agar kita bisa selalu kreatif mendapatkan ide segar dalam menulis artikel atau buku.

Dalam webinar kuliah umum ini ini juga menjelaskan tentang persoalan utama yang dihadapi oleh calon penulis yaitu mencari gambaran besar ide penulisan, kemudian mendapatkan ide pendukung, serta merangkai ide dalam tatanan kalimat yang menarik.

Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan mind mapping yaitu alat berpikir yang bekerja sesuai dengan cara kerja alami otak, dan dan sangat sesuai untuk memvisualkan pikiran dan brainstorming ide penulisan.

Karakteristik mind mapping biasanya ditampilkan dalam bentuk gambar dan menggunakan otak kiri dan kanan untuk membuka potensi tersembunyi otak. Biasanya ada kata kunci yang dipakai yaitu asosiasi dan imajinasi

“Jadi kegunaan mind mapping dalam proses menulis adalah memvisualkan pikiran, brainstorming dan mencatat ide,” kata Vincent.

Di samping itu berpikir kreatif adalah berpikir keluar dari pola, artinya untuk mengubah pola berpikir, kita harus mengubah fokus dan pikirkan sesuatu yang tidak berhubungan. pungkasnya. (FAS)

Kategori: ,