LKTL 2021, Latihan Kepemimpinan Tingkat Lanjut Moda Daring Bagi Mahasiswa
Sabtu, 22 Mei 2021 | 15:43 WIB

Geliat pemuda takkan pernah berhenti. Begitu juga dengan mahasiswa Unika Soegijapranata Semarang, kali ini mengikuti kegiatan Latihan Kepemimpinan Tingkat Lanjut yang diselenggarakan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Kegiatan yang dinamai LKTL 2021 ini merupakan menyemaian nilai-nilai leadership bagi kurang lebih 90 mahasiswa yang tergabung dalam Ormawa yang juga telah mengikuti LKTD sebelumnya.

Ibu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. V. Kristina Ananingsih, ST., MSc, membuka LKTL ini dengan mengutip salah satu ungkapan dari master di bidang kepemimpinan, yaitu :  the Leader is someone who knows way, shows the way and goes the way .. (Maxwell & Donan). Bahwa seorang pemimpin itu adalah orang yang tahu akan jalan, menunjukkan jalan itu dan bersama-sama melaluinya. Harapan beliau, peserta LKTL yang pada umumnya adalah anggota ormawa di tingkat universitas dan fakultas, dapat menjadi pemimpin yang mau dan mampu berjalan bersama dengan teamnya, terutama nantinya saat mereka berada kembali di organisasi mereka, serta saat mereka lulus nantinya.

LKTL ini dilaksanakan moda daring dalam 2 sesi yaitu sesi 1 pada tanggal 22 Mei dan sesi 2 pada tanggal 29 Mei 2021. Pada sesi 1 hari ini, terdapat 2 pemateri hebat yang telah memberikan pembekalan kepada para peserta. Romo  Agustinus Handoko GS, MSC memberikan gambaran yang sangat jelas tentang Karakter Pemimpin Milenial.

Diuraikan oleh Mohan, panggilan beliau, bahwa seorang pemimpin Milenial itu harus memiliki karakter yaitu harus bisa menjadi seorang Connector (pembangun hubungan), seorang Coach (pembimbing), Challenger (pemberi tantangan) dan Digital Skill (berkemampuan digital) dan Integrated Person (pribadi yang integral). Dengan berbagai pengalaman beliau sebagai rohaniwan pendidik, Mohan mengungkapkan bahwa seorang pemimpin bukanlah yang nyinyir, tapi yang mampu menjadi bijak dan mengolah segala sesuatu di sekitar untuk menjadi sebuah kebaikan.

Pada materi kedua di sesi hari ini, pak Benny L. Danang, SH., LLM, MIL memberikan sebuah materi yang baik untuk diberikan kepada calon pemimpin milenial, yaitu Post Truth Leadership.
Berbagai keyakinan yang dianggap sebuah kebenaran untuk kemudian disebarluaskan. Sebagai contoh, peserta diminta untuk memberikan pendapatnya akan dua gambar peta dunia menurut peta Eropa dan peta lainnya. Kemudian posisi manakah Amerika itu,  apakah Amerika itu negara “barat” atau “timur”. Serta contoh-contoh lain yang terkadang membuat peserta dibingungkan akan kondisi sebenarnya. “Saya memakai baju warna apa? Merah? Mengapa bisa dikatakan merah? Karena apa?”

Inti dari post truth leadership ini adalah sebuah pemaknaan akan 3 hal, yaitu: words, actions and believe, dimana ketiga hal tersebut akan membentuk satu integrity yang kuat. Seorang pemimpin harus memiliki penyatuan mind – body and soul, yang akan membentuk integrity.

Dari masing-masing materi tersebut, peserta dibreak ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk berdinamika. Untuk materi pertama, peserta diminta untuk membahas satu masalah di area kemahasiswaan, yaitu menurunnya keterlibatan mahasiswa ke dalam kegiatan kemahasiswaan. Ada dinamika dengan bermain peran, dimana peserta akan dapat terasah kemampuan mengungkapkan pendapat dan mencari solusi dengan baik.
Sedangkan untuk dinamika kedua, kelas besar terbagi menjadi 2 bagian yang melambangkan pro dan kontra akan satu masalah. Issue yang sedang marak diterjunkan untuk dibahas. Bagaimana peserta dikondisikan menjadi elemen yang pro dan yang kontra, untuk kemudian mencari solusinya.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.45 dan berakhir di pukul 14.00 ini terasa sangat singkat karena semua peserta terlibat aktif dalam suasana kekeluargaan yang tinggi. Sesi kedua akan dilaksanakan pada Sabtu mendatang, dengan harapan bahwa peserta akan dapat mengikuti dengan utuh dan juga memberikan opini yang rasional dan baik pada tiap pertugasan.

Tergabung dalam penyelenggaraan LKTL 2021 moda daring ini terselenggara dengan menggandeng organ di bawah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yaitu UPT Kemahasiswaan dan Alumni serta UPT Pusat Karir Mahasiswa, juga dengan kesediaan mahasiswa-mahasiswa pengurus ormawa lama yang pernah mengikuti kegiatan serupa. (sscc-yl)

Kategori: ,