Laksana Bikin Bus Medium Spesial untuk Unika Soegijapranata
Selasa, 18 Mei 2021 | 18:05 WIB

Karoseri Laksana asal Ungaran belum lama ini melakukan penyerahan satu unit bus medium kepada Unika Soegijapranata Semarang. Bus medium Laksana ini merupakan model Tourista XL Single Glass.

Walaupun hanya bus medium, ada beberapa keunikan dari bus milik Unika Soegijapranata, mulai dari susunan bangkunya hingga bagian jendela. Untuk sasisnya sendiri, Tourista XL ini dipasang ke sasis Hino FC.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, bus medium ini merupakan Tourista XL pertama yang menerapkan bangku physical distancing atau 1-1-1.

“Ukuran bangkunya sama dengan buat bus medium. Cuma kalau biasanya kan langsung 2-2, ini kita buat satuan,” ucap Werry kepada Kompas.com, Selasa (18/5/2021).

Untuk bangkunya, fasilitas yang disematkan juga cukup sederhana, hanya ada armrest serta bottle holder di bagian belakang, tidak ada port USB. Selain itu, fasilitas lainnya juga cukup simpel, tidak banyak aksesori.

“Ada pemutar audio, dua TV berukuran 24 inci. Lalu sudah memakai lega light system yang bisa mengatur warna ambience light di kabin,” kata Werry.

Selain itu, pada beberapa kaca samping ada yang dibuat model sliding, sehingga udara segar bisa masuk ke kabin. Walaupunn ada kaca geser, bus medium ini tetap menggunakan AC dengan merek Denso.

Tourista XL dengan bangku physical distancing merupakan bus medium kedua yang sudah menerapkan bangku penumpang berjarak. Sebelumnya sudah ada PO Bagong dengan tajuk abnormal bus, memakai bangku 1-1-1 buatan Hai Rimba Kencana.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/18/124200715/laksana-bikin-bus-medium-spesial-untuk-unika-soegijapranata

Kategori: