Jaringan Pembelajaran APTIK Selenggarakan Workshop MOOCs APTIK
Kamis, 6 Mei 2021 | 13:37 WIB

Workshop yang diselenggarakan secara daring dan diikuti oleh 173 peserta

Jaringan Pembelajaran APTIK menyelenggarakan Workshop “Membuat Konten Digital/Audiovisual Interaktif untuk MOOCs APTIK” yang dilaksanakan selama dua hari, mulai hari Rabu (38/4) hingga Kamis (29/4).

Workshop yang diselenggarakan secara daring ini, diikuti oleh 173 peserta terdiri dari 126 orang dosen dan 47 orang pustakawan dari 20 Perguruan Tinggi  APTIK.

Dalam sambutannya, Koordinator Jaringan Pembelajaran APTIK Prof Dr F Ridwan Sanjaya  MS IEC sekaligus  Rektor Universitas Katolik Soegijapranata menyatakan dua alasan mengapa kegiatan workshop yang diselenggarakan Jaringan Pembelajaran APTIK menarik untuk diikuti.

“Kegiatan workshop dirasa perlu untuk menambah ketrampilan dosen dan pustakawan dalam mengemas dan menyajikan materi yang lebih menarik dan interaktif untuk Massive Open Online Courses (MOOC’s APTIK). Oleh karena itu, kegiatan seperti ini tidak bisa dihindari dan bahkan menjadi program penting Ristek Dikti. Sedang hal lainnya, sebagai perguruan tinggi sangat disadari kalau kita membutuhkan pembelajaran yang sifatnya jarak jauh atau online di masa mendatang,” kata Prof Ridwan.

MOOC’s APTIK sendiri merupakan pembelajaran digital sebagai bentuk kontribusi APTIK untuk mendukung keinginan belajar secara terbuka di internet, terutama di masa pandemic Covid-19 saat ini. Materi workshop yang diberikan meliputi membuat PPT interaktif, membuat konten audiovisual menggunakan aplikasi Open Broadcast Systems, dan editing video.

“Materi MOOC’s APTIK terdiri  dari berbagai topik yang menunjukkan ciri khas dari masing-masing PT APTIK,” lanjut Guru Besar Sistem Informasi Unika ini.

Sedang Wakil Ketua APTIK Romo Yulius Yasinto MA MS SVD dalam pembukaan workshop juga menyatakan bahwa workshop yang diselenggarakan oleh JPA, menjawab tuntutan perkembangan teknologi dan informasi tidak hanya pada saat situasi pandemic covid 19, tetapi mengantisipasi kegiatan ke depan bahwa kegiatan secara online akan mendominasi dalam proses pembelajaran dalam level apapun.

“Kita memanfaatkan potensi yang ada dalam lingkungan kita, dan melalui kegiatan workshop ini diharapkan dapat  memaksimalkan potensi yang dimiliki pada PT APTIK,” tuturnya.

Selain itu, tanpa mengabaikan kerjasama  dengan pihak di luar PT APTIK, Kita tetap berupaya  mengembangkan pembelajaran digital kampus masing-masing, baik itu di lingkungan perkuliahan maupun pengembangan perpustakaan di lingkup PT APTIK.

Setelah pelaksanaan workshop membuat konten digital/audiovisual interaktif, program Jaringan Pembelajaran APTIK di tahun 2021 selanjutnya akan melaksanakan Integrasi Kampus Merdeka dalam MOOC’s APTIK (pengelola MOOC’s PT APTIK) dan workshop Implementasi Kampus Merdeka dalam MOOC’s APTIK (pengelola bidang akademik), tutupnya. (FAS)

Kategori: ,